banner 700250

‘DLH’ dan ‘KBS’ Lakukan Pembersihan ‘TPA’

oleh -137 views

KUALASIMPANG (AD) – Peringati Hari Sampah Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Bersama 300 an Komunitas Bank Sampah (KBS), lakukan pembersihan dilingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sampah di Kampung Durian, Kecamatan Rantau. Sabtu 19 September 2020.

Aksi hari bersih sampah sedunia atau World Cleanup Day, mereka lakukan aksi memungut dan memilah sampah disepanjang jalan menuju lokasi TPA, juga DLH dan Komunitas Bank Sampah lakukan Penanaman Pohon disekitar areal TPA.

Disamping aksi bersih bersih, pihak DLH dan Komunitas Bank Sampah, lakukan Pengambilan dan Pengujian sampel Air Limbah Kolam Lindi TPA, serta Lounching pembuatan Paving blok dari limbah plastik.

BACA..  Belajar Dari Pengalaman Pahit Untuk Berhasil

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Sayed Mahdi, SP.M.Si. MMA berharap aksi ini bisa dilakukan setiap saat, agar lingkungan bersih, dalam lingkungan bersih terdapat jiwa yang sehat.

BACA..  Belajar Dari Pengalaman Pahit Untuk Berhasil

Sayed Mahdi, mengatakan kegiatan ini merupakan sosialisasi gerakan pungut dan pilah sampah melalui WCD yang dilakukan hari ini 19 September 2020.

Kadis DLH kepada Media ini mengajak para pedagang dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah secara benar. Agenda hari ini adalah Pilah Sampah dari rumah.

“Kegiatan hari ini merupakan media agar masyarakat bisa tahu, bisa paham dengan agenda tersebut dan diharapkan masyarakat berpartisipasi aktif dalam memungut dan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya,” katanya.

Ia menyebutkan sampah dapat dipilah menjadi tiga, yaitu sampah organik yang mudah busuk, kemudian sampah anorgnik yang tidak mudah busuk tetapi masih bisa dijual atau bisa diolah menjadi kreasi lain, dan sampah residu yang menjadi tanggung jawab DLH untuk mengangkut dan mengolah sampah residu di tempat pembuangan akhir.

“Kami akan melakukan sosialisasi WCD di pasar tradisional, karena pasar merupakan titik berkumpulnya orang banyak,” katanya.

“Orang bijak buang sampah sesuai tempatnya”, dan “Cintai bumi kurangi sampah plastik”, himbau Sayed Mahdi. (Syawaluddin).