banner 700250

Pengaspalan Simpang Tugu dan Pasar Upah Baru Tahap ‘ACBC’

oleh -116 views

KUALASIMPANG (AD) – Terkait pekerjaan peningkatan jalan pengaspalan Simpang Tugu sampai ke Simpang Empat Pasar Upah, kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Masih tahapan Asphalt Concrete-Base atau AC-Base (ACBC).

Itu ditegaskan, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Aceh Tamiang, Baihaki Ahyat, ST, kepada atjehdaily.id Selasa 15 September 2020 di Karang Baru.

“Itu masih ada kerjaan lanjutan, dan ini pekerjaan ACBC, setelah itu baru dilakukan Asphalt Concrete-Wearing Course (ACWC), pada kegiatan kerja pinising-nya. Jadi ndak ada masalah itu,” jelasnya.

Secara teknis, kata Boy (sapaan Baihaki Ahyat), jika melihat pekerjaan pengaspalan, biasanya yang terlihat para pekerja bekerja menuangkan material beberapa kali.

Mereka menabur pasir, kerikil, aspal cair atau kombinasi lainnya. Sebenarnya ini dilakukan untuk membuat lapisan yang cukup tebal yang nantinya menentukan kemampuan aspal untuk menahan beban kendaraan.

Lapis fondasi bawah atau (Asphalt Concrete-Base atau AC-Base) merupakan lapisan pertama yang terletak di atas permukaan tanah dasar. Ketebalan minimum lapisan ini adalah 6cm.

IDUL FITRI

Lapisan berikutnya adalah lapis fondasi atas (Asphalt Concrete-Binder Course atau AC-BC), sering disebut juga laston lapis permukaan antara, karena berada di tengah kedua lapisan lainnya. Ketebalan minimum lapisan ini adalah 5 cm.

Lapis paling atas disebut lapis permukaan atau lapis fondasi atas (Asphalt Concrete-Wearing Course atau AC-WC). Nama lainnya adalah laston lapis aus, karena bagian inilah yang langsung berhadapan dengan tekanan ban kendaraan di jalan raya. Ketebalan minimum lapisan ini adalah 4 cm.

“Jadi, jika dijumlahkan maka minimum ketebalan aspal yang baik sesuai dengan peraturan adalah 6+5+4 = 15 cm. semakin tebal laston yang dipakai, semakin kuat dan tahan lama penggunaannya,” jelas Boy.

Menurutnya, tahapan pekerjaan untuk peningkatan jalan Simpang Tugu ke Pasah Upah masih dalam tahap lapisan awalnya dan itu masih dilanjutkan dengan ACWC.

Sebagaimana tertera pada papan nama proyek tersebut tertulis, pembangunan jalan Simpang Tugu Upah – Simpang Empat Upah (Fungsional) dimulai pada 17 April 2020 dengan anggaran senilai Rp 4.998.031.000 sumber dana Otsus tahun 2020 Kabupaten Aceh Tamiang dan perusahaan pelaksananya CV Menara Tiga serta konsultan pengawas CV Modeiz Design Consult.

Banyak disikapi miring oleh warga setempat, sebab, jika dasarnya saja sudah tidak kuat, dikhawatirkan, saat pengaspalan lanjutan, badan jalan aspal juga tidak kuat menahan beban kendaraan yang lalu lalang. (Syawaluddin)