banner 700250

‘PDAM’ Tamiang Pasang 1000 Jaringan Air Bersih Gratis Warga Miskin

oleh -121 views

KUALASIMPANG (AD) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tamiang, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Pasang jaringan distribusi air bersih secara gratis untuk 1.000 rumah warga miskin berpenghasilan rendah di 11 kecamatan.

Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail SE kepada atjehdaily.id, Selasa, 15 September 2020 mengatakan tahun berjalan ini PDAM Tirta Tamiang mendapatkan hibah bantuan pemasangan distribusi air bersih dari Kementerian PUPR sebanyak 1000 sambungan diperuntukkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Saat ini pelaksanan pemasangan sambungan air bersih sedang dilaksanakan dan kita penerima maanfaat dari program kementerian ini. Dari 12 kecamatan yang ada di Aceh Tamiang baru terakomodir 11 kecamatan, sisanya Kecamatan Tenggulun yang belum terakomodir pemasangan air bersih,” katanya.

Menurutnya pemasangan jaringan distribusi air bersih gratis ini berkaitan dengan pengentasan kemiskinan di Aceh Tamiang karena air bersih merupakan salah satu sektor pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan pengentasan kemiskinan.

“Kondisi prasarana dan sarana air minum memberikan pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga,” jelasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan menargetkan penambahan akses aman air minum dengan menambah Sambungan Rumah (SR) melalui jaringan perpipaan.

IDUL FITRI

“Intinya masayarakat berpenghasilan rendah harus menikmati air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar,” ujar Ismail lagi.

Kriteria penerima pemasangan jaringan distrubisi air bersih gratis ini diantaranya; 1. Bersedia menjadi pelanggan PDAM, 2. Daya listrik yang terpasang pada rumah tangga empat ampare, 3. Memiliki KTP Aceh Tamiang. 4. Memiliki KK dan 5. Berpenghasilan rendah. Warga yang memenuhi kriteria ini nantinya di data oleh petugas PDAM Tirta Tamiang dan pemasangannya dilakukan gratis (Syawaluddin).