banner 700250

Baru Dua Minggu di Aspal, Jalan Pasar Simpang Empat Upah Retak

oleh -123 views

KUALASIMPANG (AD) – Proyek Peningkatan pengaspalan jalan Simpang Tugu Upah – Simpang Empat Upah, kecamatan Bendahara menuju kecamatan Seruway, baru dua minggu selesai diaspal sudah retak retak.

Badan jalan yang berada tepat disimpang empat Upah terlihat labil dan tidak padat, sehingga ketika dilalui truck yang bermuatan seperti berper (mengayun).

Sebagaimana tertera pada papan nama proyek tersebut tertulis, pembangunan jalan Simpang Tugu Upah – Simpang Empat Upah (Fungsional) dimulai pada 17 April 2020 dengan anggaran senilai Rp 4.998.031.000 sumber dana Otsus tahun 2020 Kabupaten Aceh Tamiang dan perusahaan pelaksananya CV Menara Tiga serta konsultan pengawas CV Modeiz Design Consult.

Menyikapi jalan yang baru dua minggu selesai diaspal sudah retak retak, saat ini menjadi perhatian sejumlah kalangan masyarakat, bahkan beragam asumsi warga terhadap kondisi keretakan dari aspal dimaksud.

Terutama menyangkut kualitas dan kuantitas dari proses pelaksanaan proyek pengasapalan ruas jalan Simpang Tugu Upah – Simpang Empat Upah.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Aceh Tamiang, Baihaki Ahyat, ST, MT yang dikonfirmasi wartawan Selasa, 15 September 2020 terkait ada keretakan aspal di salah satu titik lokasi pengasapalan jalan dimaksud mengatakan, pekerjaan jalan tersebut ada lapis penutup AC – WC diatas aspal sekarang masih AC – BC dan untuk lapisan penutupnya akan dikerjakan sekitar dua minggu kedepan.

IDUL FITRI

“Kenapa kita kerjakan dua minggu kedepan, karena menunggu atau melihat titik – titik mana yang mengalami kerusakan,” ujar Baihaki seraya mengatakan, setelah diperbaiki kerusakan tersebut nantinya baru dilakukan pekerjaan lapis AC – WC diatasnya.

Baihaki mengakui, pada saat pelaksanaan pengaspalan jalan di kawasan pasar Simpang Upah tersebut sedikit terkendala karena keramaian yang begitu padat, bahkan batu base di titik itu sering basah akibat belum ada saluran.

“Dalam waktu dekat ini juga titik kerusakan di pasar Simpang Empat Upah ini segera diperbaiki,” tegas Baihaki sembari menambahkan, sekaligus dilakukan pekerjaan bahu jalan dan parit beton serta membuat saluran pembuangan sekaligus serta setelah diperbaiki titik – titik yang retak baru aspal dilapis semuanya lagi dengan aspal AC – WC. (Syawaluddin).