banner 700250

‘KTNA’ Sosialisasikan Penggunaan Pupuk Organik

oleh -317 views

KUALASIMPANG (AD) – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang gelar kegiatan sosialisasi penyuluhan penggunaan pupuk organik bagi kelompok tani dalam wilayah Kabupaten itu.

Kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan hasil produksi pertanian sehingga mendongkrak perekonomian petani.

Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan sosialisasi yang berlangsung Rabu, 9 September 2020, di aula Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Karang Baru mengatakan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi sosialiasi dan penyuluhan penggunaan teknologi sarana produksi agro yang dilaksanakan KTNA Aceh Tamiang bekerjasama dengan PT Natural Nusantara (NASA).

Terlebih program ini guna meningkatkan produksi dan kualitas hasil di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan dalam penggunaan teknolgi sarana produksi.

“Ini adalah terobosan dan bentuk kerjasama yang dibangun KTNA untuk mendukung pelaksanaan program ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 sehingga tercapainya peningkatan kualitas dibidang produksi agro,” sebut Basyaruddin pada atjehdaily.id.

Menurutnya, pembangunan sektor ini menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan di Kabupaten Aceh Tamiang, penggunaan teknologi juga bagian dari kegiatan diseminasi untuk mempercepat meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian.

“Kehadiran PT Natural Nusantara diharapkan mampu mendorong dan memotivasi para petani dalam upaya peningkatakan ekonomi daerah di Aceh Tamiang,” ujar Basyaruddin.

Karena itu, sebagai organisasi petani, KTNA diharapkan mampu berperan aktif mendorong dan memberikan perhatian yang lebih besar bagi para petani di samping sektor lainnya.

“Fungsi KTNA adalah wadah musyawarah petani, nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan sektor pertanian,” tambah Sekda Basyaruddin.

Pada kesempatan itu, Direktur PT. NASA Ir.Hana Kusuma menyampaikan, pihaknya berusaha bagaimana pertanian di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya dan Aceh umumnya bisa lebih, untuk membangun hal ini tentunya harus dibarengi dengan adanya penerapan teknologi.

“Teknologi selama ini masih mengarah kimia dan penggunaa kimia itu tidak menjadi masalaha dalam batasan tertentu, tapi belum lengkap kalau tidak dilengkapi dengan organik,” ujar Ir. Hana.

Dia menambahkan, pupuk organik kedepannya lebih aman serta persoalan mendasar terkait sektor pertanian ini hanya tiga yaitu kualitas, kuantitas dan kelestarian lingkungannya harus baik.

Lanjutnya, karena itu teknologi tersebut menjadi perhatian PT NASA menjadikan ketiga aspek dimaksud agar bisa lebih baik, “Kita mensuport sepenuhnya program peningkatan sektor pertanian di Aceh Tamiang, bahkan kedepan jika perkembangannya bagus dalam penggunaan pupuk organik, PT NASA juga akan mendirikan pabriknya di Aceh Tamiang,” tegas Ir Hana Kusuma.

Dari informasi diperoleh, keberadaan pupuk organik dari PT NASA tersebut sudah beredar disejumlah daerah di Aceh yang berada dibawah koordinator PT Pilar Eka Cipta, bahkan ada beberapa perusahaan perkebunan menggunakan pupuk ini dalam peningkatan produksinya.

Dalam pembukaan sosialisasi tersebut, KTNA Aceh Tamiang juga memberikan santunan untuk 15 orang anak yatim yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah,Basyaruddin dan tampak hadir juga Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Abdullah, Ketua KTNA Aceh Tamiang, D Yogi Syahputra,, para penyuluh, perwakilan Distanbunnak Aceh Tamiang serta perwakilan para kelompok tani. (Syawaluddin).