banner 700250

Kadinkes Abes Resmikan Puskesdes Gampong Layeun

oleh -180 views

Aceh Besar (AD) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh Besar, Anita SKM, M. Kes, Kamis 27 Agustus 2020 meresmikan Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) Gampong (Desa) Layeun, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Dalam peresmian tersebut dirinya memintak kepada Keuchik benar-benar melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Menurutnya Puskesdes ini merupakan trobosan yang baik dan harus ditiru serta dicontoh oleh Gampong-gampong lain di Kabupaten Aceh Besar, karena menurut data yang pihaknya miliki sampai saat ini Aceh Besar baru memiliki 305 Puskesdes dari 604 Gampong yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

BACA..  Forum Masyarakat Kawasan DAS Krueng Aceh Sampaikan Empat Tuntutan

Polindes harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal di setiap gampong, menyambung kekhawatiran masyarakat pada pandemic Covid- 19 saat ini, sudah seharusnya desa melaksanakan Puskesdes secara mandiri dengan tujuan peningkatan kesehatan. “Sampai saat ini kasus Covid- 19 di Aceh Besar telah mencapai 364 dan hampir 60 % tanpa gejala,”sebutnya.

BACA..  YARA Sampaikan Empat Permintaan Kepada Komisi III DPRA

Pihaknya mengharapkan seluruh masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan 3M seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengonsumsi makanan bergizi dan dukung mereka yang positif Covid -19 bukan memberikan stigma yang buruk kepada pasien. Karena sampai saat ini kasus kematian di Aceh Besar yang positif meninggal di akibatkan adanya penyakit penyerta lainnya.

BACA..  YARA Sampaikan Empat Permintaan Kepada Komisi III DPRA

“Selamat kepada masyarakat Gampong  Layeun yang telah baik menghadirkan PusKesDes secara mandiri untuk itu dukungan seluruh stacke holder masyarakat sangat dibutuhkan apalagi kesehatan merupakan sebuah aspek yang penting dalam kehidupan bermasyarakat terlebihdimasa pandemic covid-19 ini,” pungkas Kadiskes.

Sementara itu, Sekretaris Gampong Layeun Ibnu Khatab mengatakan Launching Puskesdes adalah sebuah program masyarakat yang lahir dari dana Desa dengan tujuan peningkatan kualitas kesehatan di Gampong Layeun.

Lanjutnya, Selaku perangkat Gampong kami mendorong kader kesehatan khususnya agar dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan apalagi dengan hadir nya Puskesdes ini, dengan adanya Puskesdes ini dapat membantu masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Tambahnya, Dengan hadir Puskesdes, masyarakat tetap dapat mengakses layanan berobat maupun konsultasi kesehatan. Kita telah berkomitmen bahwa poskesdes ini benar benar dapat berjalan setiap saat.

Sayuti, SE selaku Camat Leupung, mengapresiasi terhadap Gampong Layeun yang bisa jadikan contoh dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Gampong-gampong se Kecamatan Leupung.

“Sudah menjadi keharusan dengan hadirnya dana Desa ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan di setiap Gampong bidang kesehatan, kepemudaan dan pemberdayaan,”pungkasnya Camat. (Rls/Dw).