banner 700250

Kadinkes Aceh Utara Kunjungi Dusun Terpencil di Nisam Antara

oleh -391 views
Kadinkes Aceh Utara Amir Syarifuddin,SKM Menyerahkan Penghargaan Kepada Cut Fajriana,Amd,Keb

Aceh Utara (AD) – Kapala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh Utara Amir Syarifuddin,SKM dan rombongan Dinas Kesehatan, Kamis 13 Agustus 2020 mengunjungi dan sekaligus melakukan launching Posyandu Keluarga “Bungong Kupi” dan sekalian memberikan penghargaan kepada tenaga bidan sukarela yang ada di Dusun Jabal Antara, Gampong (Desa) Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

BACA..  Tuduhan Tidak Transparan Balik Gagang

Daerah tersebut merupakan daerah terpencil perbatasan dan kepulauan yang ada di Kabupaten Aceh Utara dan Bener Meriah. Kedatangan rombongan dinas kesehatan Aceh Utara dan pegawai Puskesmas Nisam Antara ke daerah tersebut disambut meriah oleh masyarakat dusun Jabal Antara.

Amir Syarifuddin,SKM dalam sambutannya menyampaikan kesehatan itu bukan milik saya, kesehatan itu milik kita bersama, kalau hari ini kami mampu datang kesini, kalau besok kesehatan itu tidak bapak dan ibu sekalian ikut dengan orang kesehatan artinya kesehatan hanya satu hari, hari ini.

BACA..  Tuduhan Tidak Transparan Balik Gagang

Lanjutnya, Kesehatan itu bisa berhasil, itu karena dukungan penuh dari masyarakat kita semua, perhatian penuh dari masyarakat.

Pihaknya bisa menyampaikan informasi informasi tentang kesehatan, berhasil tidaknya kesehatan itu kembali kita kepada masyarakat dan cerdik pandai yang ada di dusun ini, ujar Amir.

Pantauan media Kadinkes Aceh Utara juga menyerahkan penghargaan kepada tenaga bidan sukarela Cut Fajriana,Amd,Keb yang ada di dusun Jabal Antara berupa plakat dan sertifikat. “Plakat dan sertifikat tersebut merupakan usaha kerasnya yang selama ini sudah membantu masyarakat khususnya di kesehatan atau dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat, dan dia berhak mendapatkan penghargaan tersebut,” ujar Kadinkes Aceh Utara ini.

Dan selanjutnya Amir Syarifuddin juga meresmikan posyandu keluarga bungon kupi yang ada di dusun tersebut.

Sementara itu Kepala Puskesmas Nisam Antara Nur Lina Kusuma,S.Keb dalam sambutannya terimakasih kepada Kadinkes Aceh Utara beserta rombongan dan dia dihadapan rombongan dinas kesehatan menyampaikan dusun Jabal Antara merupakan dusun terpencil yang ada di desa Alue Dua berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah dengan jumlah penduduk 242 jiwa dan 65 Kartu Keluarga (KK).

Berdasarkan survei keluarga kesehatan penduduk lanjut Nur Lina Kusuma perokok di dusun Jabal Antara sangat tinggi sehingga banyak sekali kasus kasus penyakit tidak menular seperti hipertensi kemudian rendahnya cakupan imunisasi dan sulitnya akses layanan kesehatan.

Berdasarkan permasalahan tersebut tambahnya maka pihaknya akan berupaya melakukan pelayanan kesehatan terintegrasi melalui pelayanan posyandu keluarga. “Posyandu keluarga ini merupakan terobosan dalam menanggulangi masalah kesehatan melalui pendekatan keluarga,” kata kepala puskesmas Nisam Antara.

Dengan melaksanakan program utama posyandu ditambah integrasi program, seperti konseling remaja, penyuluhan kesehatan, pembinaan keluarga sehat, ketahanan pangan melibatkan lintas sektor, jelas Nur Lina Kusuma.

Lanjutnya, posyandu keluarga bertujuan untuk meningkatkan akses keluarga terhadap layanan kesehatan yang komprehensif dan terintegrasi.

Selanjutnya Kepala Dusun (Kadus) Jabal Antara Junaidi sangat mengharapkan
bantuan kepada pemerintah Aceh Utara melalui dinas kesehatan agar bisa membantu satu unit alat transportasi roda empat. Karena dusun Jabal Antara yang kami tempati ini sangat jauh dengan pusat pemerintahan kecamatan maupun kabupaten.

“Alat transportasi tersebut untuk membawa masyarakat yang perlu pertolongan berobat,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut tenaga kesehatan Nisam Antara dari puskesmas melakukan pengobatan masal kepada masyarakat dusun Jabal Antara dan sekalian imunisasi untuk anak anak serta ibu hamil.

Kadinkes Aceh Utara dalam kunjungan tersebut didampingi oleh Sekdiskes, Kabid Kesmas, Kabid Yankes, Kabid P2PL dan Forum organisasi kepala puskesmas Aceh Utara.

Turut hadir dalam acara tersebut Muspika Nisam Antara, tokoh masyarakat, dan masyarakat. (SF).