banner 700250

Tingkatkan Perekonomian Usaha Kreatif, Dinas Pariwisata Aceh Galakkan Kunjungan Wisatawan Lokal

oleh -190 views

banner 700250

Banda Aceh (AD)- Pandemi Covid -19 yang terjadi saat ini, berdampak sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor, demikian juga halnya  di sektor pariwisata ikut merasakan imbasnya.

Untuk mengantisipasi dampak tersebut, sesuai dengan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, pemerintah tentunya sangat mengharapkan penanganan Covid -19 terus dapat dilakukan, agar denyut perekonomian tetap berjalan dan berlangsung.

banner 700250

“Tentunya dalam ekonomi ini, ada sektor pariwisata. Sektor pariwisata adalah sektor yang sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian bagi masyarakat menjadi lebih baik,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, SE, M.Si, Ak kepada media ini, Rabu 29 Juli 2020 di Banda Aceh.

Saat ini, kata Jamal, Dinas Pariwisata Aceh sedang menggalakan wisatawan lokal untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata, dengan harapan, adanya wisatawan lokal yang berwisata, maka akan dapat meningkatkan denyut perekonomian.

“Artinya, dengan adanya orang yang datang ke suatu tempat wisata, maka akan terjadi transaksi tunai sehingga berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat pastinya,” pungkasnya.

Selain itu, Jamal juga menjelaskan, di tempat wisata kan ada tersedia Caffee, juga  menjual berbagai macam hasil kerajinan tangan. Dengan demikian maka perputaran ekonomi akan terjadi disana, itu yang kita harapkan.

“Oleh karena itu, Jamal berharap, para pelaku wisata yang bergerak di sektor ekonomi kreatif, maupun yang bergerak di bidang operator (peramu wisata), dalam melakukan sesuatu kegiatan, harus tetap mematuhi dan mempedomani  protokol kesehatan,” pintanya.

Kepada para pelaku ekonomi kreatif, kita juga terus memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang bagaimana menjaga kualitas dari penyajian baik itu kue dan lain sebagainya, agar tetap baik dalam kemasannya. Sehingga saat disajikan kepada wisatawan, akan tetap terjamin kehiginisannya.

“Pemerintah melalui Dinas Pariwisata terus berupaya memberikan yang terbaik bagi pelaku usaha ekonomi kreatif di sektor pariwisata, dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Lebih lanjut ia juga menambahkan, pemerintah terus melakukan hal terbaik bagi para pelaku wisata khususnya ekonomi kreatif dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan melalui virtual  dan bertatap muka apabila kondisinya memungkinkan.

“Harapannya, dalam menghadapi situasi ditengah pandemi Covid -19, para pelaku usaha wisata khususnya disektor ekonomi kreatif, dapat terus tumbuh perekonomian masyarakatnya,” tutup Jamaluddin. (AF) 

banner 700250

banner 700250