banner 700250

Nur Akmal Kasasi, Pemkab Siapkan Kontra Memori

oleh -250 views

banner 700250

KUALASIMPANG (AD) – Vonis Putusan sidang Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) terhadap kasus Nur Akmal, mantan Datok Penghulu (Kepala Desa) Kampung Durian kecamatan Rantau, yang diberhentikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh; dengan tidak hormat tersebut, lakukan Kasasi (Banding), sebab vonis Hakim PTUN Banda Aceh memenangkan Pemkab Aceh Tamiang.

Terkait Kasasi yang dilakukan Nur Akmal, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang siapkan Kontra Memori Kasasi untuk disampaikan melalui Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh.

banner 700250

“Mantan Datok Penghulu Kampung Durian, Nur Akmal sedang melakukan upaya hukum Kasasi atas amar putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Medan,” sebut Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH. M.Kn melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Aceh Tamiang, Dahlia Ahliana, SH, MH kepada atjehdaily.id, Minggu 5 Juli 2020.

Masih Dahlia, bahwa Amar Putusan dengan Nomor 39/B/2020/PT.UN-MDN tanggal 13 April 2020 yang memenangkan Pemkab Aceh Tamiang selaku tergugat dalam perkara sengketa Tata Usaha Negara dengan gugatan Nomor 35/G/2019/PTUN.BNA

Dijelaskan, upaya hukum Kasasi ke Mahkamah Agung (MA) dimaksud diajukan Nur Akmal pada 8 Juni 2020 karena beberapa waktu lalu telah diberhentikan tidak dengan hormat dari jabatan Datok Penghulu yang diembannya.

“Objek perkaranya sengketa atas Keputusan Bupati Aceh Tamiang Nomor 715 Tahun 2019 tanggal 15 April 2019 tentang pemberhentian tidak dengan hormat Datok Penghulu Durian Kecamatan Rantau atas diri Nur Akmal,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan; untuk perkara gugatan sengketa Tata Usaha Negara ini pemohon, penggugat, pembanding, sah-sah saja untuk melakukan upaya hukum, karena itu haknya sebagai warga Negara.

“Karena itu haknya, dipersilahkan untuk menempuh upaya hukum, sebelum adanya putusan incrah dan mempunyai kekuatan hukum yang tetap,” ujarnya. (Syawaluddin)

banner 700250

banner 700250