banner 700250

Pemdes Mon Jambe Salurkan BLT – DD 2020 Tahap I dan II

oleh -137 views

banner 700250

banner 700250

Bireuen (AD) – Pemerintah Desa (Pemdes) Gampong Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Bireuen. Telah menyalurkan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) Tahap I dan II Bulan April dan Mei kepada 163 Kepala Keluarga (KK), acara berlangsung di halaman meunasah gampong setempat, Minggu (28/6).

“Jumlah dana yang diterima oleh per kepala keluarga sebesar Rp 1200.000.- terhitung bulan Mei dan Juni,” sebut Pj Geuchik Mon Jambe Tgk Ikhwani didampingi oleh Bendahara dan ketua pemuda gampong setempat.

banner 700250

Lanjutnya, pembagian BLT di gampong Mon Jambe diukur berdasarkan ketentuan 25 persen dari jumlah anggaran Alokasi Dana Desa yang tercatum dalam APBG dengan jumlah anggaran yang dibawah Rp.800.000.000, tentu hanya bisa dapat menampung KPM BLT sebanyak 107 per KK sebagai penerima manfaat atas bantuan sosial pasca penanganan Covid berdasarkan anjuran Pemerintah.

Meskipun sudah tertunda beberapa bulan yang lalu semenjak meninggalnya Keuchik (Kades) Almarhum Muhdadin pada 21 Ramadhan, namun proses penyaluran mengalami masalah terkendala, baik itu ditingkat Pemdes, Kecamatan hingga ketingkat Pemkab Bireuen, ujarnya.

Dikarenakan lanjutnya, pada waktu itu telah terjadi kekosongan posisi jabatan Keuchik, pasca meninggalnya Alm Keuchik lama, demikian juga di Kabupaten yang masih kosong Kepala Dinas DPMG-KB.

Menurut Pj Keuchik Ikhwani, berdasarkan dari jumlah 281KK penduduk Gampong Mon Jambe, hanya 3 KK yang terdata pada program BST, 80 KK terdaftar pada KPM PKH/BPNT. Kemudian dikurangi 7 PNS serta 9 Perangkat Desa, hanya 163 KK yang terverfikasi hasil finalisasi musyawarah Gampong, “setelah ada penambahan sejumlah 56 KK, sesuai pengajuan sebelumnya berjumlah 107 KK sebagai kelompok penerima manfaat BLT di Desa kami berarti kita menyalurkan 163 KK,” jelasnya Pj Keuchik Mon Jambe.

Selanjutnya dimulai dari hari proses Pelantikan sebagai Pj Keuchik Mon Jambe pada tanggal 24 Juni 2020, berkat kerja keras semua pihak Lembaga serta araratur desa lainnya, sehingga tahapan pengajuan dan penarikan anggaran di Bank berhasil kita upayakan, hingga hari ini (28/6) dalam melaksanakan tugas penyaluran BLT kepada masyarakat.

Dirinya menambahkan, sedikitnya jumlah penerima yang tedata dari program BST, tentu telah menguras lebih besar Anggaran Desa secara tidak langsung. Dengan demikian, dalam pengajuan program pada tahapan selanjutnya tidak dapat dilakukan bersamaan antara anggaran dari Pos Bansos dan Pos anggaran pembangunan fisik yang terkuras habis total dan terancam defisit yang mines sisa anggaran yang tersedia, sehingga tidak mencukupi untuk penyaluran BLT pada tahap selanjutnya.

Harapan Pj Keuchik Mon Jambe, kita selaku penyelenggara Pemerintah Desa Mon Jambe ada sedikit solusi alternatif dengan direalokasi dalam data base penambahan untuk penerima BST pada tahapan kedepannya. Sehingga dapat terealisasi pada program sektor lain terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat maupun kelanjutan kebutuhan pembangunan fisik pada fasilitas lain yang sangat urgent dibutuhkan oleh masyarakat Gampong Mon Jambe, pasca penanganan pandemi Covid -19 bisa berlalu di masa Era New Normal.

Dalam penyaluran BLT yang dilakukan di halaman Meunasah Desa Mon Jambe, turut dihadiri Kadis DPMG-KB Bireuen Mulyadi SH, Camat Kecamatan Jeumpa Tarmizi, Kapospol, Danposramil, Ketua Apdesi serta disaksikan Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama dan Tokoh Adat setempat, Babinsa dan Babhinkamtimas, Aparatur Gampong dan lembaga Tuha Peut masyarakat Desa Mon Jambe. (Iqbal).