banner 700250

Jalan Cot Meugoe Tetap Dikerjakan

oleh -259 views

banner 700250

banner 700250

BIREUEN (AD) – Meski ditengah Pandemi Covid- 19, namun jalan Cot Meugoe dinilai sangat urgen, maka dijadwalkan tahun 2020 ini jalan tersebut tetap dibangun dengan menghabiskan dana dari APBK Bireuen sebesar Rp 5,5 Milyar lebih.

Kadis PUPR Kabupaten Bireuen, Fadli Amir, ST menjawab media ini, di sela-sela Launcing Buku Mukhlis Takabeya – Petarung dari Selatan, di Matang Glumpang Dua, beberapa waktu lalu, tentang kepastian pembangunan jalan Aspal Blang Gandai – Cot Meugoe yang tembus sampai Gampong Alu Limeung, dimana dirinya membenarkan jika tahun ini akan dikerjakan dengan anggaran Rp 5,5 Milyar Lebih. Namun Kadis PUPR itu tidak menjelaskan alokasi dana sebesar itu, untuk pekerjaan apa saja.

banner 700250

Begitu juga, panjang jalan aspal atau berapa KM yang mengunakan dana sebesar itu, selain mengatakan pembangunan jalan tersebut merupakan lanjutan dari pekerjaan yang digarap tahun lalu. Untuk pembangunan jalan dengan dan APBK Bireuen, menghabiskan dana Rp 3,4 Milyar yang hanya mengerjalan jalan aspal sepanjang 1, 2 KM di wilayah pengunungan Gampong Blang Gandai. Lalu, lainnya, digunakan untuk pembuatan saluran air, talut dan pengerasan sampai 2,5 KM.

Namun saat disinggung pengerasan jalan sepanjang 2,5 KM, tidak dilakukan pemeliharaan mengingat jalan itu, kadang mengalami kerusakan, disaat masih jalan itu menjadi tanggung jawab rekanan yang seharusnya dilakukan pemeliharaan, mengingat tiga bulan setelah dibangun jalan tersebut dimana tanggung jawab masih pada rekanan.

Kerusakan jalan itu dikerenakan turunnya hujan lebat yang menggerus badan jalan. “Kalau tahun ini, di bangun untuk apa dilakukan pemeliharaan lagi, langsung dibangun jalannya,” ujarnya Fadli Amir, saat mendampingi Bupati Bireuen pada Lauching buku Biografi Mukhlis Takabeya.

Warga setempat, Husaini berharap, pembangunan jalan sampai ke Cot Meugo harus segera terwujut sampai ke Alu Limeung, mengingat masyarakat yang umumnya petani sudah cukup merana puluhan tahun yang membawa hasil pertanian dan perkebunan ke kota yang kerap mengalami kendala, setiap melintasi jalan tersebut.

Impian dan harapan warga mulai terwujut tahun 2019, setelah H Saifannur.S.Sos menjadi Bupati Bireuen, dan pastinya masyarakat akan mengenang selalu atas kepedulian H Saifannur yang sangat peduli dengan warga, khususnya kaum tani, yang ternyata mengawali membangun sarana perhubungan sekaligus sebagai akses menyangkut hasil bumi ke kota, yaitu jalan aspal, meski hanya 1,2 KM.

Padahal, beberapa kali pergantian Bupati Bireuen, namun keinginan masyarakat, akan hadirnya hot mix, gagal terwujut, kecuali pengerasan jalan yang pernah dilakukan se masa Bupati Ruslan H Daud. Jika saja, tahun ini jadi digarap, tentu akan mensiati lagoi dana untuk pengerasan yang ke tiga kalinya atau setidaknya dilakukan penyisipan,” papar Husaini.

Pada tahun 2019, akan dibangun jalan aspal di Cot Meugoe sepanjang 3 KM , tapi mengingat adanya permintaan masyarakat melalui Geuchik Cot Meugoe maka hanya dikerjakan sepanjang 1,2 KM yang beraspal mulus, selebihnya oleh masyarakat minta pengerasan-atau perbaikan jalan sepanjang 2,5 KM, mengingat kondisi jalan Cot Meugoe, saat itu benar-benar rusak parah.

Namun, lanjutnya, setelah adanya pengerasan itu, dan perbaikan jalan, warga lebih agak lega, karena sudah bisa melintasi jalan tersebut, juga sudah bisa dilalui kenderaan roda empat. Namun kondisi tersebut, tidak bertahan lama, yang seterusnya jalan itu terus digerus air, jika turun hujan yang berlangsung sampai sekarang, karena tanpa adanya saluran air, di sisi jalan pengunungan.

Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi PA di DPRK Bireuen, Yufaidir mengatakan kepada media ini, yang menybutkan dana Rp 3,5 Milyar lebih (jumlah tersebut dari APBK Rp 3,9 Milyar, sebelum disisihkan untuk dana Covid- 19), yang diharapkan dana sebesar itu, mampu menyelesaikan jalan sampai ker Pinto Angen, Cot Meugoe. Apalagi kondisi dikawasan Pinto Angen cukup parah dan susah di dilalui berbagai kenderaan, termasuk jalan pengerasan sepanjang 2,5 KM yang kondisinya saat ini, sangat memprihatinkan.”Bagi dirinya Jalan Cot Meugoe, merupakan prioritas untuk dibangun tahun ini,” ujar Politisi PA yang dikenal suka bicara blak-blakan .(Maimun Mirdaz).