banner 700250

‘Pemcam’ Larang Rentenir Berkedok Koperasi Beraktifitas

oleh -147 views

banner 700250

banner 700250

LANGSA (AD) – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Langsa Timur dengan tegas melarang aktifitas Rentenir berkedok koperasi di Pemerintah Kota Langsa yang sudah berjalan puluhan tahun. Dan kini mulai ditertibkan.

Camat Langsa Timur, Kota Langsa, Hendri Soenandar, S.STP. MSi, saat diminta tanggapan kepada atjehdaily.id, mengatakan, Praktek Koperasi rentenir memang sudah sangat meresahkan dan memberikan dampak buruk bagi sosial ekonomi masyarakat di gampong terutama gampomg (desa) yang ada dalam Kecamatan Langsa Timur.

banner 700250

Dikatakan bahwa; Forkopimcam Langsa Timur langsung memberikan penegasan kepada para geuchik (Kepala Desa) untuk melakukan tindakan melarang praktrek rentenir tersebut beroperasi di gampong mereka. Penegasan itu seperti yang tertulis pada spanduk rentang tentang larangan rentenir melakukan aktifitas rentenirnya.

Peringatan tersebut dipasang di setiap sudut dusun dalam gampong agar warga tidak terjebak dengan praktek rentenir berkedok koperasi tersebut. “ini memberikan efek atau mudharat yang tidak baik bagi kita semua,” kata Hendri Rabu, 24 Juni 2020.

Disisi lain, geuchik (Kepala Desa) dalam kecamatan tersebut. Gampong Alue Pineung sudah mulai memasang spanduk untuk larangan beroperasinya Koperasi rentenir di dalam kawasan gampongnya.

Salah seorang warga Kota Langsa, Sulaiman, 50 tahun mengatakan Kebijakan camat Langsa Timur dan forkopimcam tersebut diberlakukan serius terhadap rentenir memberi pinjaman uang tidak resmi atau resmi dengan bunga tinggi.

Warga Dusun Jempa gampong Alue Pineung memasang Spanduk larangan bertuliskan “Rentenir dan Bank Keliling (Banke) alis Bank 47 dilarang masuk ke dusun Jempa, jika kedapatan akan diproses secara hukum”.

Warga mengakui larangan tersebut sudah berlaku sejak beberapa hari lalu dan akan terus dipertahankan. Tak hanya di dusun jeumpa Alue Pineung saja, namun secara keseluruhan di gampong yang ada di Kecamatan Langsa Timur. (Mustafa)