banner 700250

Komisi II DPRK Bireuen Tinjau Lokasi Lahan Ternak Sapi

oleh -166 views

banner 700250

banner 700250

Bireuen (AD) – Anggota Komisi II DPRK Bireuen mengunjungi lokasi lahan peternakan milik Pemerintah Kabupaten Bireuen di Gampong Ranto Panyang, Kecamatan Juli,Rabu (17/6).

Wakil Ketua Komisi II DPRK Bireuen Suhaimi Hamid (Abu Suhai),Kamis (18/6) mengatakan kunjungan anggota DPRK Bireuen ini ke lokasi kandang peternakan milik Pemkab Bireuen yang berada di kecamatan Juli dimana kita mau melihat sejauh mana kah perkembangan ternak.

banner 700250

Suhaimi mengharapkan dalam pengelolaan sapi ini pihaknya Dinas Peternakan Bireuen supaya mampu menerapkan strategi bisnis, bukan lebih pada percontohan.

“Kita minta pada Pemerintah Bireuen supaya rencana kerja Dinas pada tahun 2021 sudah disusun dan diserahkan pada DPR. Agar kita bisa memberikan masukan-masukan yang memang sesuai dengan tupoksi masing-masing,”ujarnya politisi PNA ini.

Sementara itu Taufiq Ridha anggota komisi II juga berharap dinas Peternakan dapat memberikan laporan secara detail kepada DPRK tentang perkembangan sapi bantuan tersebut. Dan bisa menjadi pilot projek yang sukses bukan gagal dengan dana yang dikuncurkan oleh pemerintah nantinya.

” Kedatangan kami wakil rakyat Bireuen dalam hal ini bisa melihat secara langsung kondisi sapi dan lahan lokasi peternakan milik Pemerintah Kabupaten Bireuen tersebut secara utuh, kendala, masalah dan hambatannya serta solusinya Bagaimana,” ujarnya Suhaimi.

Sedangakan Ketua Komisi II DPRK Bireuen, Munazir Nurdin juga menyebutkan, bahwa kedatangan pihaknya ke lokasi lahan peternakan milik Pemerintah Kabupaten Bireuen itu, untuk melihat secara langsung kondisi sapi dan lahan peternakan sekarang ini apa masalahnya dan langkah penanganan biar ada sebuah solusi penyelesaian.

“Setelah kita melihat dan meninjau langsung ke lapangan, sehingga kita bersama rekan rekan anggota komisi II DPRK Bireuen akan mencari suatu konsep yang ideal sebagai perencanaan kawasan percontohan peternak dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompenten dan ahli manajemen peternakan untuk membantu dalam membenahi setiap permasalahan yang dihadapi oleh dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kedepanya,” Kata politisi Partai Aceh ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bireuen, Murhalim, SP yang ikut serta bersama sejumlah tim rombongan anggota DPRK Bireuen menyebutkan, jumlah induk sapi yang ditampung pada lokasi lahan peternakan milik pemkab Bireuen yang sebanyak 41 ekor sapi dan 9 anak sapi, jenis sapi tersebut Brahman Cross.

“Alhamdulillah, saat ini kondisi sapi dalam keadaan sehat,” sebut Murhalim.

Selanjutanya Murhalim juga menyebutkan, hingga saat ini pihaknya juga mengalami kekurangan stok pakan konsentrat untuk menambah gizi bagi sapi yang berada di sana dan dirinya mengharapkan agar DPRK Bireuen bisa mengalokasikan anggaran dana stok pakan.

Kami dari Dinas terkait sangat mengharapkan semua pihak bisa dapat mendukungnya dengan kerjasama yang baik, agar kedepan kita bisa mengembangkan konsep manajemen peternakan sapi di Kabupaten Bireuen. agar bisa lebih baik dan produktif serta menjadi model pilot proyek pengembangan peternakan sapi secara modern dan ramah lingkungan, pungkasnya Murhalim. (Iqbal).