Mulai Hari Minggu Ini Kapal Lambat dan Cepat Berlayar Dua Kali

oleh -765 views

Sabang (AD) – Hasil rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin langsung Wali Kota Sabang Nazaruddin,S.I.Kom Sabtu (06/06/20) di Black Navy Coffee, disepakati bahwa mulak hari Minggu tangggal 07 Juni 2020 pelayaran kapal penumpang Ekpres Bahari group dan kapal roro KMP BRR serta kapal feri Tanjung Burang akan dioperasikan dua kali (2 rit-pp) Sabang-Ule Lheue Banda Aceh setiap hari.

Hal tersebut disepakati dalam rapat tim gugus tugas Kota Sabang, yang digelar Sabtu siang di Black Navy Coffee Simpang Garuda Kota Sabang. Dalam rapat yang dihadiri Wali Kota Sabang, Sekda, Asisten I, Asisren II, Danlanal, Kapolres, Dandim, Danlanudal, Dansatrad 233, Perwakilan Lanud MUS Kadishub, Ka BPBD, Ka KSOP dan Kasatpol-PP sempat alot.

Pasalnya, masing-masing pejabat punya ide dalam menentukan buah pikirannya karena menurut pendapat Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan,SE M.Tr, Hanla, kalau pihak ASDP memberangkatkan kapal dua kali dalam sehari, maka harus ada blangko di dermaga Ule Lheu sekaligus menambah petugas Covid- 19 di dermaga tersebut

“Yang terpenting sekaran setiap penumpang yang akan menuju Sabang harus dithermo scan saat di hendak naik kapal dermaga Ule Lheu maupun tiba di dermaga Balohan Sabang”., kata Danlanal Sabang Kolonel Agus Darmawan.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Sekda Kota Sabang Sekretaris Kota Sabang Drs Zakaria,MM menyampaikan prioriras Pemko Sabang dalam perinzinan bagi yang berangkat menuju daratan Aceh, dengan dikeluarkan surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit atau Tim Medis Covid 19.

Sedanagkan Kadishub Ir Sarbini menerangkan, selama ini penumpang kapal lebih banyak penumpang kapal dari Sabang ke Banda Aceh ketimbang penumpang kapal dari Banda Aceh menuju Sabang. tinggal sekarang bagaimana dijalankan new normal.

Menueit Asisten I Andre Norman, petugas gugus selama ini telah mampu menjaga jarak didalam kapal, akan tetapi gagal menjaga protokol kesehatan di pelabuhan akibat banyaknya orang berkumpul.

Pemerintah Kota Sabang, memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang melintas berpergian Sabang Banda Aceh dan sebailknya. Hal itu, dilakukan karena Aceh masih dalam status hijau, mamun pengawasan harus lebih diperketat., harapnya.

Kapolres Sabang AKBP Muhammadun,SH menjelaskan, maksud diberlakukannya new normal sebenarnya untuk lebih memperketat pengawasan di pelabuhan sebelum penumpang masuk ke kapal, maka setiap penumpang diwajibkan menggunakan masker misalnya, bagi non KTP Sabang wajib mengisi formulir yang disediakan petugas.

Semnatara Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Adang Purnama menyebutkan, para pekerja di pelabuhan seperti buruh, petugas boring dan para supir bus, taksi dan becak dilarang masuk ke ruang tunggu, tempat antrian tiket dan tempat kumpulan penumpang, guna menjaga jarak., pintanya.

Sebelum disimpulkan Wali Kota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom menambahkan thermo scan tetap diberlakukan oleh petugas KKP yang bertugas di Pelabuhan, guna memastikan suhu tubuh setiap orang yang tiba di Sabang.

Untuk tes atau surat kesehatan bagi masyarakat Aceh/Sabang tidak perlu dilakukan lagi, tetap mengikuti protokol kesehatan dan tidak berpergian jika bukan alasan penting., harap Wali Kota.

Kesimpulan dari rapat tersebut adalah mulai hari Minggu tanggal 07 Juni 2020 penambahan kapal roro/feri dan kapal cepat menjadi dua kali sehari dengan jumlah penumpang 50 persen dari kapasitas biasa.

Kemudian, gomulir indetitas penumpang diisi sendiri oleh setiap calon penumpang dengan mengedepankan kejujuran. Selanjutnya, menerapkan new nomar dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid- 19.

Bagi setiap penumpang yang masuk dalam zona wajib maker didalam kapal juga diwajibkan cuci tangan dan jaga jarak. Serta pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scan wajjb dilakukan oleh petugas KKP di pelabuhan.

Untuk jadwal kapal sebagai berikut kapal roro KMP BRR berangkat jam 08.00 Wib dari dermaga Balohan Sabang. Karena kapal feri KMP Tanjung Burang posisi di Sabang, maka tersebut akan berangkat jam 11.00 Wib.

Sedangkan dari Ule Lheu Banda Aceh kapal roro KMP BRR berangkat pada jam 12.30 Wib. Untuk jadwal kapal seperti biasa.(Red).