banner 700250

Gampong PB Seulemak Lamban Data KPM BLT-DD Hingga Awal Juni

oleh -182 views

banner 700250

banner 700250

LANGSA (AD) – Gampong Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh, lamban mendata warga yang berhak menerima Dana Bantuan Langsung Dana Desa (BLT-DD), ini diduga tidak terlepas dari kurangnya singkronisasi dan koordinasi antar dusun dengan aparatur gampong, pada hal kementrerian desa telah mengeluarkan Surat Intruksi No. 2/2020 tentang Percepatan Penyaluran Tahap I BLT Dana Desa.

Dalam Surat tersebut juga di instruksikan gampong (desa) yang telah menyelenggarakan Musdes Khusus dan penetapan Calon KPM BLT Dana Desa mulai tanggal 9 Mei 2020, agar segera menyalurkan BLT Dana Desa kepada KPM yang telah disepakati dan ditetapkan dalam Musdes Khusus Penetapan BLT Dana Desa tahap I, meski belum mendapatkan pengesahan KPM dari Bupati/Wali kota.

banner 700250

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) juga mengatakan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa BLT-DD) disalurkan kepada warga sebelum 24 Mei 2020 lalu, namun sudah memasuki bulan juni 2020 gampong (desa) Paya Bujok Seulemak belum melakukan apa-apa, salah seorang Kepala Dusun (Kadus) Pahlawan, Ismail, saat di tanya atjehdaily.id beberapa waktu lalu memberi jawaban belum ada perintah mendata penerima KPN BLT-DD dari Gampong PB Seulemak,Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh.

Geuchik (Kepala Desa) Gampong (Desa) Paya Bujok Seulemak, Syafi,i saat dihubungi untuk konfimasi tentang pendataan KPM BLT DD melalui telepon selular memberi jawaban ‘belum’diulang berkali-kali, Rabu, 3 Juni 2020.

Sepertinya aparatur gampong PB Selemak, dan geuchik tidak mengindahkan surat Menteri Desa PDTT sebagaimana tercantum dalam Instruksi Menteri Desa PDTT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Penyaluran BLT Dana Desa. (Mustafa)