banner 700250

Gampong di Kota Langsa Belum Salurkan BLT DD Hingga Lebaran

oleh -184 views

banner 700250

banner 700250

LANGSA (AD) – Sebelum berakhir ramadhan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menerbitkan Instruksi Menteri tentang Percepatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Dalam Instruksi Menteri Nomor 1 Tahun 2020 itu, meminta BLT Dana Desa segera disalurkan kepada masyarakat yang berhak.

Dikatakannya, Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebelum tanggal 24 Mei 2020 itu salah satu poin pertama instruksi resmi Kementerian Desa tersebut.

banner 700250

Dikatakanya juga, Gampong (Desa) dapat langsung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tanpa menunggu pengesahan apabila penyerahan dokumen keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa kepada Bupati/Walikota sudah melebihi lima hari kerja.

Bahkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi waktu itu mengatakan, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), mengatakan harus segera disalurkan sebelum Idul Fitri 1441 H, namun di beberapa gampong (desa) di Kota Langsa, Aceh, entah apa alasanya tidak disalurkan.

Geuchik (kepala desa) Gampong Cinta Raja dalam kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Aceh, saat dikonfirmasi atjehdaily.id, dikantornya, mengatakan bahwa belum menyalurkan BLT DD sebelum tanggal 24 Mai lalu, kami harus mengedit data warga yang telah terima dana bantuan dari BTS Komensos, yang terima dari BRI, yang terima Dari BNI, dan juga harus mendata yang tidak berhak seperti PNS dan aparatur gampong agar tidak daoble penerima saat kami salurkan.

Lebih lanjut geuchik mengatakan, jika terjadi double penerima kami juga akan menerima resiko. Kami geuchik sangat hati-hati dalam penyaluran BLT dana desa,bukan kami tidak salurkan seseuai dengan intruksi Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta dana waktu itu pun untuk di salurkan sesuai dengan indtruksi Kementerianpun belum ada, Insya Allah dalam waktu dekat akan kami salurkan setelah data yang berhak menerima selesai kami data, demikian dikatanya, Selasa, 26 Mai 2020 lalu.

Terpisah salah seorang ibu warga gampong (desa) tersebut, yang minta namanya di rahasiakan, mengatakan, saya termasuk keluar yang kurang mampu secara ekonomi, saya bukan peserta PKH, bukan juga penerimaan bantuan lainnya, namun saya sampai sekarang saya belum menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dapat atau tidak dapat saya belum tahu, jika saya dapat seharusnya saya sudah dapat sebelum hari raya, sebagai mana tetangga saya dapat bantuan yang di ambil di kantor pos beberapa hari lalu,sebutnya. (Mustafa)