banner 700250

Bupati Galus Terbitkan Surat Edaran Antisipasi Covid-19

oleh -188 views

banner 700250

banner 700250

BLANGKEJEREN (AD) – Bupati Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, Aceh. H. Muhammad Amru terbitkan surat edaran Tentang Pembatasan Orang Berpergian dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Jum’at, 8 April 2020 lalu.

Surat Edaran bernomor: 180 /125/2020. Menegaskan bahwa dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Gayo Lues serta memperhatikan hasil rapat antara Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda serta Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Pelaksana BPBD, Koordinator Kesehatan Gugus tugas, Ketua IDI dan unsur Gugus Tugas Percepatan Penanganan Couid-19 Kabupaten Gayo Lues di Ruang Kerja Bupati Gayo Lues pada 5 Mei 2020 lalu.

banner 700250

Bahwa pada Senin Tanggal 11 Mei 2020, bagi setiap orang/masyarakat yang melakukan perjalanan keluar Kabupaten Gayo Lues harus mendapat rekomendasi dari pengulu setempat dan rekomendasi tersebut diserahkan kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Gayo Lues di Bale Musara guna mendapatkan izin yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Kabupaten Gayo.

Bagi setiap orang yang melakukan perjalanan masuk ke Kabupaten Gayo Lues wajib melaporkan diri di Pos Perbatasan untuk di data dan selanjutnya masuk ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Blangkejeren untuk dilakukan observasi/pemeriksaan dan wajib patuh kepada rekomendasi tim medis di gedung BLK apabila harus dilakukan karantina, karantina mandiri atau rekomendasi lainnya.

Kemudian bagi setiap orang yang melakukan perjalanan masuk ke Kabupaten Gayo Lues khusus dari daerah yang sudah terpapar Covid-19/zona merah Covid-19, harus dilakukan karantina di gedung BLK Kabupaten Gayo Lues selama 14 hari atau sesuai dengan rekomendasi Tim Kesehatan di gedung BLK Kabupaten Gayo Lues.

Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan masuk ke Kabupaten Gayo Lues dan akan menetap dalam jangka waktu tertentu, maka Tim Kesehatan di gedung BLK Kabupaten Gayo Lues wajib mengeluarkan surat pengantar ke Pangulu untuk dilakukan karantina rumah dan isolasi diri selama 14 hari di kampung tujuan masyarakat tersebut.

Khusus untuk kendaraan pengangkut barang/kendaraan pengangkut logistik, bahan pokok kebutuhan masyarakat Kabupaten Gayo Lues diperkenankan masuk ke Kabupaten Gayo Lues dengan tetap mengikuti petunjuk Tim Gugus Tugas yang bekerja di perbatasan.

Surat Edaran ini berlaku sampai dengan Tanggal 31 Mei 2020 dan dapat diperpanjang atau disesuaikan dengan kebijakan pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berkenaan dengan hal tersebut, Pemkab Gayo Lues sangat mengharapkan dukungan seluruh pihak/stakeholder terkait dan seluruh masyarakat untuk mentaatinya. (M Hasan).