banner 700250

Mahasiswa KKN-BK Unimal Asal Binjai, Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Pancur Ido

oleh -196 views

banner 700250

banner 700250

Langkat (AD)- Mahasiswa Universitas Malikussaleh asal Binjai Sumatera Utara melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) dengan melakukan penyemprotan Disinfektan sebagai upaya pencegahan virus Corona (Covid -19).

Kegiatan penyemprotan tersebut, dilakukan disetiap rumah warga, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya di Dusun V Pancur Ido, Kelurahan Namu Ukur Utara, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

banner 700250

“Tujuan dari penyemprotan disinfektan ini adalah, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid -19 di Desa Pancur Ido,” ungkap Ketua kelompok 75 KKN-BK Unimal Marie Muhammad, melalui pesan WhatsApp kepada media ini, Jum’at 8 Mei 2020.

Lanjut Marie, kegiatan yang kita laksanakan ini, melibatkan lima mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik, FKIP dan Fakultas Pertanian yang tergabung dalam kelompok 75 dengan Dosen pembimbing lapangan Dr. Nasruddin, SP, M.Si.

“Penyemprotan kita lakukan di rumah warga, tempat-tempat umum seperti Masjid, Mushalla, Pos Jaga. Kegiatan ini juga didukung oleh warga setempat,” pungkas Ketua kelompok 75 KKN-BK Unimal.

Sementara itu, Kepala Desa Pancur Ido, Bapak Surbakti mengungkapkan rasa syukurnya.

“Kami sangat bersyukur ada mahasiswa dari kampung kami sendiri yang melakukan KKN-BK dan mareka telah memberi perhatian kepada kampungnya sendiri dengan melakukan apa yang bisa mareka kerjakan untuk pencegahan penyebaran virus ini,” kata Surbakti.

Hal senada juga disampaikan Dosen pembimbing lapangan Nasruddin, dalam situasi Pandemi Covid -19, semua daerah perlu dilakukan pencegahan penyebaran dengan melakukan penyemprotan dan edukasi bagi warga.

“Apa yang sudah dilakukan oleh mahasiswa KKN-BK di kampungnya sendiri ini, mudah-mudahan bisa mencegah dan memutus rantai penyebaran virus tersebut,” ungkap Nasruddin.

Lebih lanjut dikatakan Ketua kelompok 75 KKN-BK Unimal, penyemprotan disinfektan ini bertujuan untuk mensterilkan lingkungan sekitar rumah warga dan tempat umum agar terhindar dari wabah Covid -19.

“Kami berharap, apa yang telah dilakukan ini, bisa mencegah penyebaran Covid -19, serta bermanfaat bagi warga dan kampung halaman kita”.

Selain itu, ia juga menambahkan, pada situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan KKN Unimal dilaksanakan dalam berbagai skema yang dipilih langsung oleh mahasiswa baik berkelompok atau perorangan, dan akan berlangsung hingga 29 Mei nanti.

“Setelah selesai melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di semua rumah warga Dusun V Pancur Ido, setidaknya upaya kami ini bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid -19 di daerah tersebut,” tutup Marie Muhammad. (AF)