banner 700250

Seluruh Warga Desa Cot Gadong Nikmati Daging Meugang

oleh -49 views

banner 700250

banner 700250

Bireuen (AD) – luar biasa terobosan Geuchik Gampong Cot Gadong, Kemukiman Blang Blahdeh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen dan perangkatnya, yang membantu seluruh warga desanya dengan menyediakan daging meugang, dalam menghadapi Corona Virus (Coved 19) saat ini, yang ternyata berimbas terhadap perekonomian rakyat.

Menurut Geuchik Gampong Cot Gadong, Anwar Saddaq yang didampingi Sekdesnya, Ruslan ZA kepada media ini, Rabu (22/4 ) malam, menyebutkan seluruh dana yang dihabiskan untuk membeli tiga ekor sapi, berasal dari kas desa, yang merupakan hasil panen di Gampong yang dipimpinnya, dan sama-sekali tidak mengunakan dana desa. Pihaknya berupaya untuk menyediakan daging meugang, apalagi dalam menghadapi Covid -19, yang warga menjadi dilematis menyusul terjadinya pandemi Corona Virus yang menghancurkan ekonomi rakyat.

banner 700250

“Menghadapi meugang, bagi rakyat Aceh, tentunya sangat sakral, dan meugang itu harus ada, dan sempat dikabarkan jika di kota Bireuen dilarang membuka pasar daging meugang, kendati hal itu, tidak dipatuhi,” Anwar Saddaq.

Untuk itu, sebutnya lagi, pihaknya yang mendapat dukungan dan mendapat persetujuan seluruh perangkat desa setempat untuk menyembelih sapi untuk meugang, yang akan diperuntukkan bagi 145 KK yang menempati 127 rumah. Dalam merealisir kegiatan dimaksud, oleh aparat desa memanfaatkan sumber dana dari kas desa, serta menggalang bantuan dari donatur luar, khususnya para perantau yang bekerja di Malaysia. Kepedulian mereka terhadap nasib warga Gampong nya, sangat tinggi yang berinisiatif membantu perangkat desa dengan menyisihkan dana untuk pengadaan daging meugang bagi seluruh penduduk warga setempat.

“Sebenarnya kegiatan sosial seperti ini, sudah berjalan hampir setiap tahunnya, seperti pada haru raya qurban, bagi orang yang mampu, menyerahkan sapi qurban untu disembelih untuk dibagikan kepada orang kampungnya,” ucap Anwar Saddag.

Pengadaan daging meugang diprioritaskan untuk warga yang menempati 127 rumah di Gampong Cot Gadong, yang memang sepantasnya untuk dibantu bagi warga desanya. Betapa tidak, dengan situasi Carona Virus, sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat yang memang tidak berpihak kepada rakyat. Begitupun, sebagai Geuchik Gampong Cot Gadong mengambil inisiatif untuk merelisisir program tersebut, sehingga warganya dapat menikmati daging meugang, secara merata. Dalam hal ini, Perangkat Desa Cot Gadong terlibat langsung dalam pendistrusian daging meugang dengan tetap mengedepankan Physikal Distancing yang dibantu Babinsa Jeumpa, Serda Suyadi dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Hal itu terbukti, jika tidak sampai terjadinya kerumunan di tempat itu, karena setelah itu, petugas langsung paket Meugang itu diantara ke rumah-rumah penduduk di Gampong tersebut.

Camat Jeumpa, Tarmizi, ST sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang digagas Geuchik Cot Gadong serta perangkat desanya yang berinisiatif menyediakan daging meugang bagi seluruh warganya yang sekarang menghadapi kendala keuangan, menyusul virus corona yang melanda belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. “Terhadap niat baik perangkat desa untuk menyediakan daging meugang, pihaknya jauh-jauh hari telah mewanti-wanti Perangkat desa Cot Gadong untuk tidak mengunakan dana desa untuk merelisasikan kegiatan tersebut,” urai Camat Tarmizi, di sela-sela kesibukan aparat desa dalam menangani daging meugang untuk dibagikan kepada Cot Gadong.

Ia mengaku tekah menerima laporan dari Geuchik Gampong Cot Gadong, yang sama sekali tidak menyentuh Dana Desa, yang sumber dana untuk memebeli tiga ekor sapi tersebut mengandalkan kas desa dari keuntungan dari berbagai usaha desa, serta bantuan dari pihak luar yang bersimpati terhadap nasib warga desa. Sepengetahuannya, merupakan yang pertama di Bireuen yang berhasil membantu penyediaan daging meugang bagi seluruh warganya.”Selayaknya Gampong Cot Gadong menjadi panutan bagi 41 desa lainnya yang ada di Kecamatan Jeumpa, untuk bisa mengikuti langkah desa ini,” papar Camat Jeumpa yang didampingi Kapospol Jeumpa, Ipda Muktar.(Maimun Mirdaz).