banner 700250

Masyarakat Gampong Alue Gandai Terima Bantuan Sembako

oleh -69 views

banner 700250

banner 700250

Bireuen (AD) – Sesuai anjuran pemerintah dalam penanggulangan penganan wabah virus Corona (Covid-19), Pemerintah Gampong (Desa) Alue Gandai, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen terima bantuan sembako dari Desa setempat, Kamis 23 April 2020.

Sekretaris Desa Alue Gandai Afrizal,SE mewakili Desa tersebut saat ditemui oleh media mengatakan tujuan dan maksud menyalurkan pembagian sembako kepada masyarakat ini berdasarkan instruksi pemerintah dimana warga yang menerima bantuan tersebut merupakan warga yang kena dampak dari wabah virus Covid-19 ini.

banner 700250

“Apalagi tujuan pemberian sembako ini untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak langsung ekonominya akibat Covid-19,” ujarnya Afrizal.

Lanjutnya, Agar warga tetap betah dirumah sehingga tidak sampai kelaparan, akibat krisis ekonomi dengan tidak bekerja semenjak anjuran pemerintah disuruh lebih banyak berkerja di rumah saja.

Sekdes Afrizal juga menyebutkan, sumber dana bantuan sembako kita ambil dari sumber Pendapatan Asli Gampong (PAG).

Alhamdulillah pada pencairan dana tahap I, tentu telah menghabiskan mata anggaran 10 Juta dari yang dimasukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong Alue Gandai (APBG T/A 2020), dianggarkan sejumlah dana total senilai Rp. 26.360.000, sebut sekretaris Alue Gandai.

Tambahnya, Insyaallah rencana kita Pemerintah Desa Alue Gandai bersama Tuha Peut Gampong dan seluruh perangkat desa lainya, akan melakukan konsultasi, mmungkin akan merencanakan hingga ke III tahap. Namum tahap selanjutnya, sepertinya harus kita koordinasi dan konsultasi dengan pihak Pemkab Bireuen dan Dinas terkait untuk melihat aturan baru Juklak/Juknis di daerah, supaya kedepannya tidak menyalahi kewenangan yang ada serta dasar hukum terkait pencairan bantuan sembako, dan Bantuan Sosial dalam bentuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Sumber ini kita ambil dari Pendapatan Asli Gampong (PAG) Alue Gandai secara sah dan ini bukan sumber dari Dana Desa (APBN), maka kita akan memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang lemah.

Bagi masyakarat Desa yang dilakukan oleh Pemerintah untuk masyarakat lemah yang berdampak ekonomi, sebab ini bukan sumber Dana Desa (DD) dari APBN tapi dari sumber pendapatan sah Gampong lainnya, yaitu dari PAG yang memungkinkan untuk memberi bantuan sosial kepada masyarakat Desa yang rentan ekonominya sebagai pekerja harian lepas kalangan para buruh, petani dan kaum Fakir Miskin serta Dhuafa dan Lansia, sebutnya Sekdes Alue Gandai.

Sementara itu, Azhari M Nasir selaku koordinator yang belanja barang sembilan kebutuhan pokok (sembako), menjabat sebagai Jabatan Kadus Pang Leman selaku ketua TPK 2020 dan Anwar Ismuwen menjabat Kadus Kubang Tujoh serta Muhammad Rusli Jabatan Keurani Tuha Peut, Mansur Anwar Anggota TPK mereka yg ikut mebantu pendistribusian langsung ke masyarakat setempat dalam beberapa dusun dengan cara ‘dor to dor’ ke Rumah Tangga Sasaran(RTS), berjumlah penerima mamfaat atas bantuan Sembako tersebut sebanyak 53 Kepala Keluarga(KK).

Selain itu acara Bansos pembagian Sembako ini turut kita koordinir dan kerjasama secara langsung dengan pihak petugas kepolisian dari Polsek Peudada, turut didampingi oleh
M Yusof selaku Babinkantibmas Gampong Alue Gandai, Karyono Babinsa Gampong (Koramil Peudada),
Rusydi dari Pendamping Desa(PD) bersama, dan Sofyan Pendamping Lokal Desa(PLD). (Iqbal).