oleh

Terkait Virus Corona Kapolres Aceh Timur Minta Agar Tidak Sebarkan Berita Bohong

example banner

Banda Aceh (AD) – Terkait semakin merebaknya virus Corona (COVID-19) dibelahan dunia termasuk Aceh, kiranya tidak ada pihak-pihak yang memanfaat situasi dengan menyebar berita bohong atau hoax, karena bagi pelaku dapat dikenakan pidana., demikian disampaikan Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro, SIK,MH, Rabu (25/03/20)

AKBP Eko Widiantoro menambahkan, bahwa bagi penyebaran berita bohong atau hoaks kini semakin masif seiring dengan mewabahnya kasus virus Corona di wilayah Aceh, maka untuk itu diminta kepada siapaun, agar tidak bermain-main dengan menyebarkan berita yang tidak benar.

Oleh sebab itu tegas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,SIK,MH, jika muncul keresahan di masyarakat yang disebabkan berita bohong, seseorang itu bisa dikenai pidana karena menyebarkan informasi palsu., tegas Kapolres.

Dijelaskannya, merujuk Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dalam Pasal 45 A ayat (1), setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, dapat dipidana dengan pidana penjara enam tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 miliar., jelasnya.

Oleh karenanya, Kapolres mengimbau kepada masyarakat, agar bijak dalam bermedia sosial. Apalagi dijaman melenial ini, sarana komunikasi eleltronik sudah menjadi pegangan bagi setiap orang, mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Sehingga, perlu berhati-hati jangan sampai penggunanya lepas kontrol yang pada akhirnya muncul berita-berita yang menyesatkan dan meresahkan publik.

“Maka, pergunakanlah sarana komunikasi seperti telepon genggam dengan benar sesuai kebutuhan, karena dalam UU ITE bagi pelaku dapat diancam pidana dengan kiringan 6 tahun penjara, dan denda Rp.1 miliyar” ungkapnya..

Sedangkan pemerintah lanjut Kapolres, akan terus memantau peredaran konten hoaks dan disinformasi, serta melakukan penindakan tegas kepada pelaku., tutupnya.(Jalal).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..