oleh

Bule Prancis Diringkus Satnarkoba Polres Sabang Bersama Empat Pengedar dan Pemakai Ganja

example banner

Sabang (AD) – Bule asal negara Prancis bersama empat orang pengedar narkoba jenis ganja berhasil diringkus oleh Satuan Satnarkoba Polres Sabang, Senin (24/2). Ganja tersebut diduga dimasukan dari daratan Aceh.

Turis asing asal negara Prancis tersebut diringkus oleh Satuan Satnarkoba Polres Sabang, disalah satu penginapan di tempat wisata pasir putih Gampong Paya Keunekai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

“Semua pelaku itu berhasil kita ringkus dilokasi berbeda, penangkapan tersebut kita lakukan dari hasil pengembangan. Sementara bule warga negara Prancis yang bernama Luc Michel Philippe Gaujour (37), kita ringkus disalah satu penginapan ketika yang bersangkutan sedang menggunakan narkoba jenis ganja,” kata Kapoles Sabang AKBP Muhammadun SH, didampingi Kasatnarkoba AKP Erizal SE dan Kabag Ops AKP Anton Praptono, SH, MH dalam konferensi Pers di Aula Polres Sabang, Selasa (25/02/20).

Dijelaskan, ketiga tersangka yang diduga kuat sebagai pengedar antara lain M.Yusuf bin Hasbalah (34), warga Jurong Alue Jaya, Gampong Batee Shok, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, Azhar alias Aji bin Jufni Ismail (26), warga Jurong Alue Jaba, Gampong Bate Shok, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang dan Yusman Ahmad bin Ahmad (58), warga Jurong Tgk Nek Rahman, Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya Sabang.

Kronologis penangkapan ke-empat pelaku berawal pada hari Senin tanggal 24 Februari 2020, dimana sekitar Pukul 19.00 WIB, di Gampong Batee Shok, pihak Satuan Narkoba mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Selanjutnya, anggota Satuan Satnarkoba langsung melakukan penyelidikan dari informasi tersebut, ternyata sampai dilokasi berhasil menemukan tersangka Azhar alias Aji dengan barang bukti satu bungkus narkotika jenis ganja yang disimpan didalam sepatu.

Kemudian, dari hasil introgasi yang dikembangkan petugas diketahui ada tersangka lainnya dan tidak berselang lama, hasilnya mengarah ketersangka Yusman Ahmad bin Ahmad dengan barang bukti 7 ons ganja.

“Tidak sampai disitu kita terus introgasi lagi, sehingga berkembanglah kasus tersebut pada si bule warga negara Prancis, Luc Michel Philippe Gaujour (37). Berdasar itu pula maka, kita datang gerebek tempat tinggal Luc Michel dan nyatanya yang bersangkutan sedang asik menggunakan ganja, bahkan di atas tempat tidurnya berserakan biji serta daun ganja kering”, jelasnya.

Tidak hanya itu lanjut Kapolres, petugas juga menemukan gulungan besar ganja dalam tas miliknya, ketika petugas datang Luc Michel sangat koperatif, bahkan petugas itu sendiri dikiranya sekitar Gampong tersebut. Namun, setelah ditunjukkan lencana tanda petugas Kepolisian baru ia sadari dan terduduk manis ketika dikatahui tamu yang datang adalah Polisi.

Selanjutnya, bule kurus tinggi ini langsung menunjukan semua barang bukti yang kebetulan baru dia ambil dari seseorang. Dari pengakuan para tersangka semua barang bukti narkoba jenis ganja itu diperoleh dari tersangka Azhar alias Aji bin Jufni Ismail.

“Kasus ini terus kita dalami karena dari pengakuan para tersangka barang bukti narkotika jenis ganja tersebut didatangkan dari Banda Aceh. Bagi warga negara Prancis yang mengaku sebagai investor, akan ditangani secara khusus dan nanti akan kita lapor ke Polda, dari Polda ke Mabes, baru nanti ke Duta Besar negaranya di Jakarta, untuk menjalani bagaimana proses hukum selanjutnya,” terang Kapolres Muhammadun.

Sementara tambah Kapolres dua pengguna narkotika jenis sabu-sabu yang ditangkap Satuan Narkoba Polres Sabang beberapa minggu sebelumnya, kini siap P21 kedua pelaku yang berjenis perempuan tersebut.diantaranya, ER alias Nana (38) pekerjaan Ibu Rumah Tangga warga Jurong Mulia, Gampong Cot Bak’U, Kecamatan Sukajaya dan TRIS (32) Ibu Rumah Tangga warga Jurong Babul Iman, Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya., tutupnya.(Jalal).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..