oleh

Anak TK Kartika XIV-5 Kota Langsa Belajar Upacara Bendera

example banner

LANGSA (AD) – Ajarkan upacara bendera kepada peserta didik, Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika XIV tanamkan rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme anak-anak sejak usia dini, bertempat di Taman Kanak-Kanak setempat Kota Langsa, Senin pagi, 17 Februari 2020.

Kepala sekolah TK Kartika XIV-5 Kota Langsa, Nana Suzanna, S.Pd, mengatakan bahwa, upacara di jenjang TK juga perlu diterapkan, walaupun peserta didik belum melaksanakan dengan sempurna, namun kegiatan ini sangat perlu untuk memperkenalkan upacara bendera kepada peserta didik, meskipun harus didampingi oleh guru pendamping.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap Senin, tetap kenalkan peserta didik upacara bendera. Agar mereka sedikit demi sedikit bisa mengenal dan memahami rasa nasionalisme sejak usia dini, “kata Nana Suzana, SPd.

Dijelaskannya, bahwa setiap petugas upacara bendera ini dilaksanakan sesuai jadwal tugasnya. Seperti, protokol, pemimpin upacara, pembawa pembukaan Undang- Undang Dasar (UUD), pembawa Pancasila dan juga dirigen.

“Murid bertugas secara bergiliran perkelas, untuk pembawa bendera juga dari peserta didik. Jadi pelaksanaan upacara tersebut masih tetap sesuai tingkat belajar anak usia dini, “tutur Nana Suzana, SPd.

Sementara itu, menurut Ketua Yayasan TK Kartika Jaya XIV-5 Ny. Yessi Hasanul Arifin Siregar, saat ditanya atjehfaily.id,mengatakan bahwa, kegiatan upacara bendera tersebut memiliki banyak manfaat yakni, mengenalkan profesi seorang pemimpin, melatih tertib seorang peserta didik, melatih rasa percaya diri agar tidak memiliki rasa takut jika nanti masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Sangat banyak nilai positifnya, mulai dari rasa persatuan cinta dengan Negara Indonesia, melatih kedisiplinan, sehingga peserta didik tidak takut apabila untuk menjadi petugas mereka akan selalu memiliki rasa percaya diri,” ibu Yessi Hasanul Arifin Siregar

Kegiatan upacara bendera di TK Kartika XIV-5 Kota Langsa ini dijadikan sebagai prioritas sebagai pembelajaran bagi murid, karena memiliki potensi yang baik untuk menggali perkembangan peserta didik.

“Upacara bendera ini sudah menjadi program yang membantu untuk dapat menggali potensi apa saja yang ada dalam diri peserta didik, “akhiri Ibu Yessi Hasanul Arifin Siregar. (Mustafa).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..