oleh

Ketua LP – KPK Sorot Dua Tahun Lebih Satu OPD Aceh Besar Masih Jabatan Plt . Ada Apa?

example banner

Kota Jantho (AD) – Terhitung dua tahun lebih masa kepemimpinan Mawardi Ali bersama Waled Husaini sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar sejak dilantik bulan 7 tahun 2017 lalu.

Tetapi sampai saat ini, masih terdapat satu Plt Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dijabat pelaksana tugas (Plt). Kepala OPD tersebut adalah Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar.

“Padahal sebelumnya, Pemkab Aceh Besar telah melakukan lelang jabatan pratama tingkat eselon II, namun satu OPD tersebut belum kebagian jatah kepala dinas dan kembali dipimpin Plt,” kata Ibnu Khatab selaku ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan, Kebupaten Aceh Besar LP – KPK, Senin, 10 Februari 2020.

Perlu diketahui untuk jabatan Plt hanya boleh minimal enam bulan, maksimal satu tahun dalam masa menjabat. Ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisisan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Pemerintah.

Kita menilai seharusnya kinerja OPD tersebut bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karir.

“Penilaian dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku yqng kurang berpengalaman,, contohnya Plt Dinas Kesehatan Aceh Besar” kata Ibnu.

“Kita berharap pada Bupati Aceh Besar dan Wakilnya, meninjau kembali tentang pelelangan jabatan harus sampai terisi oleh para pejabat yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang layak sebagai kepala dinas,”pungkas Ibnu.(Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..