Kembangkan Free Port Sabang Bea Cukai Lakukan Focus Group Discussion

oleh -15 views
example banner

banner 700250

Sabang (AD) – Dalam rangka mengembangkan kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas (Free Port) Sabang, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Sabang, gelar Focus Group Dicussion yang diberi tema “Giat Ekspor dan Dorong Investasi Untuk Kemakmuran Sabang”.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Sabang Hanif Adnan Zunanto dalam Focus Group Dicussion menyamaikan, tujuan kegiatan tersebut digelar untuk memanfaatan fasilitas di kawasan Sabang dengan meningkatkan investasi, mendorong kegiatan lalulintas perdagangan internasional, membuka lapangan kerja seluas-seluasnya, meningkatkan ekonomi regional dan nasional, kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kepariwisataan., kata Hanif.

Tugas dan fungsi Bea Cukai sendiri adalah tambah Hanif, untuk memberi dukungan kepada pelaku industri dalam negeri, sehingga memiliki keunggulan kompetitif dalam pasar internasional yang kini menjadi incaran program dunia. Kemudian juga untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, melalui memberikan fasilitas dibidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran.

Selain itu juga melindungi masyarakat, industri dalam negeri dan kepentingan nasional melalui pengawasan dan atau pencegahan masuknya barang-barang impor yang bernampak positif dan berbahaya yang dilarang serta dibatasi regulasi. Tugas dan fungsi Bea Cukai sendiri terdiri dari Industrial Asisstance, Trade Fasitator, Community Protektor dan Revenue Collector., sebutnya.

Dijelaskan, untuk jenis-jenis fasilitas kepabeanan antara lain Fasilitas Kawasan Berikat (KB), Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), Fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB), Fasilitas Bea Masuk Ditanggung Pemerintah, Fasilitas Pembebasan Bea Masuk, Fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus, Fasilitas Free Trade Zone (FTZ), Fasilitas Pertambangan-Migas dan Fasilitas Pertambangan Panas Bumi.

“Kami mengharapkan kehadiran Bea dan Cukai di Sabnag dapat bermanfaat bagi masyarakat, meskipun fungsi Bea dan Cukai di Sabang sebagai pengembangan failitator dalam bentuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan fasilitas untuk mendorong guna mempercepat majunya kawasan Free Port Sabang”, jelasnya.

Diterangkan juga bahwa destinasi wisata Sabang masuk sebagai destinasi wisata unit terpopuler, sehingga perlu dukungan semua pihak untuk menyatukan antara wisata dengan Free Port Sabang. Dimana pengunjung dalam negeri datang ke Sabang, tidak hanya berwisata semata tetapi dapat melihat dan membeli barang-barang yang masuk ke Sabang tentunya sesuai peraturan yang berlaku.

“Harapan kita kiranya destinasi wisata yang ada di Sabang, dapat menyatukan dengan kehadiran Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Sabang. Sehingga turis dalam negeri yang berkunjung ke Sabang, tidak hanya semata berwisata bahari akan tetapi dapat melihat dan membeli barang-barang luar negeri yang masuk ke Sabang, tentunya sesuai peraturan yang berlaku”, imbuhnya.(Jalal)

banner 700250