PT. PLN Persero ULP Sabang Mampu Memenuhi Kebutuhan Masyarakat dan Investor

oleh -832 views

Sabang (AD) – PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sabang, setelah menempatkan mesin penganti yang lebih besar kini ULP Sabang mempunyai daya simpanan sebesar 1,6 Mega Watt (MW) dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah, industri bahkan investor.

Pihak PT. PLN Persero sendiri dalam waktu dekat akan menambah daya simpanan menjadi 2.6 MW, berarti kebutuhan energi listrik bagi masyarakat, pemerintah, industri dan investor yang berkeinginan menanamkan modal daya energi listrik sudah melebihi., demikian disampaikan Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT.PLN Wilayah Aceh, Edi Sahputra kepada Atjehdaily.id, usai dipeusijeuk (tepung tawar) mesin tambahan relokasi dari Ayangan Aceh Tengah, Selasa 15 Oktober 2019.

Ditambahkannya, langkah yang diambil itu merupakan salah satu upaya PT. PLN ULP Sabang guna memberi peningkatan pelayanan kepada pelanggan sebagai dalam kebutuhan energi listrik di Sabang.

Untuk mengoptimalkan energi listrik PT.PLN membutuh waktu satu bulan lebih sehingga harus dilakukan pemadaman bergilir aliran listrik, penyebabnya adalah akibat salah satu mesin induk di Aneuk Laot mengalami gangguan.

“Salah mesin yang mengalami gangguan kini sudah selesai dikerjakan dan ditambah lagi satu unit mesin diesel pembangkit relokasi dari Ayangan Takengon Aceh Tengah, Alhamdulillah sudah dapat dioperasikan,” jelas Eddi didampingi Kepala PT. PLN ULP Sabang Ahmad Fauzi.

Lebih lanjut Edi menambahkan, dalam waktu yang tidak lama lagi dua unit mesin pembangkit lokasi Cot Abeuk, juga akan ditambahkan dengan daya sebesar 1 MW karena selama mesin lokasi ini juga kerap mengalami gangguan.

Sedangkan pemakaian daya energi listrik kebutuhan untuk wilayah Sabang sebesar 5.4 MW, sementara daya yang telah dimiliki PT. PLN Sabang sebesar 8 MW, maka setelah mesin di Cot Abeuk selesai PT. PLN ULP Sabang memiliki daya sebesar 9 MW, simpanan daya di ULP Sabang mencapai 2.6 MW. Dengan adanya cadangan daya yang dimiliki PT. PLN ULP Sabang sebesar 2.6 MW tersebut diharapkan akan dapat menambah jaminan bagi para investor untuk melakukan investasinya di Kota Sabang., terangnya.

Sementara itu Wakil Walikota Sabang Drs Suradji Junus dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak PT.PLN, karena telah menyelesaikan perbaikan dan menggantikan mesin dalam waktu yang tidak begitu lama.

Diharapkan, dengan telah dipeusijeuk dan dioperasikan satu unit mesin tambahan dari Takengon Aceh Tengah itu, sudah terjawab keresahan masyarakat yang selama ini mengalami pemadaman listrik secara bergilir.

“Dengan telah bertambahnya daya listrik PT.PLN ULP Sabang ini masyarakat tidak lagi menerima giliran pemadaman aliran listrik, kecuali terjadi gangguan alam yang diluar kemampuan kita, seperti angin kencang, hujan deras sehingga tumbangnya pohon atau bencana alam lainnya,” kata Suradji Junus.

Pada kesempatan yang sama PT. PLN ULP Sabang menyalurkan bantuan penghijauan kepada masyarakat Gampong Aneuk Laot berupa bibit Pucuk Merah dan bibit Durian yang diterima Keuchik setempat dan pemberian bantuan modal usaha kepada Dhuafa sebesar Rp 4.000.000 yang diserahkan kepada dua orang penerima. (Jalal).