banner 700250

Harga Rumah Ketua DPR RI Buronan KPK Bernilai Ratusan Miliar Rupiah

oleh -39 views

Jakarta (Atjehdaily) – Tadi malam, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto di rumahnya. Sayangnya, Setya Novanto menghilang. Alhasil KPK pulang tangan hampa.

Satu hal yang menarik adalah rumah Setya Novanto yang berada di Jl Wijaya XIII No. 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang terlihat begitu megah dengan pekarangan luas dan punya 4 lantai. Kira-kira berapa ya harga rumah tersebut?

Setelah mencoba menelusuri dan menghitung berdasarkan asumsi, detikFinance menaksir harga rumah Setya Novanto itu ada di kisaran Rp 200 miliar dan bahkan bisa lebih.

Dapat dari mana angka tersebut? Kepada detikFinance, Kamis (16/11/2017), Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung mengatakan, saat ini rata-rata harga rumah baru di kawasan tersebut dengan luas tanah 1.000 meter persegi dan luas bangunannya 1.500 meter persegi harganya sekitar Rp 100 miliar.

BACA..  Forum Masyarakat Kawasan DAS Krueng Aceh Sampaikan Empat Tuntutan

Dengan tolak ukur harga tersebut, maka diperkirakan harga tanah di kawasan tersebut sekitar Rp 80 juta per meter dan harga bangunan Rp 20 juta per meter.

BACA..  YARA Sampaikan Empat Permintaan Kepada Komisi III DPRA

Nah, diketahui rumah Setya Novanto terdiri dari 4 tingkat dengan luas lahan 1.600 meter persegi. Dengan asumsi 60% lahannya untuk bangunan maka luas rumah awal sekitar 960 meter persegi lalu dikalikan 4 tingkat berarti luas rumahnya sebesar 3.840 meter persegi.

Jika dikalikan dengan harga asumsi rumah di kawasan Wijaya, Kebayoran baru sebesar Rp 20 juta per meter maka harga bangunan rumahnya sekitar Rp 76,8 miliar. Namun itu belum dihitung dengan luas tanah.

Untuk luas tanahnya 1.600 meter persegi dikalikan Rp 80 juta harga acuan lahan per meter maka harga tanahnya mencapai Rp 128 miliar.

Lalu jika ditambah dengan harga rumah maka total nilai tanah beserta bangunan milik Setya Novanto itu sekitar Rp 204,8 miliar.

Sayangnya Setya Novanto belum bisa dikonfirmasi atas harga rumahnya tersebut karena saat ini sedang tidak bisa ditemui oleh siapa pun, termasuk oleh KPK. (Sumber: Detik.com)