Gampong Seneuboek Lhong Gelar Musrembang TA 2021

oleh -106 views

Laporan | Maimun Mirdaz

Bireuen (AD) –Pemerintah Gampong Seneubok Lhong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Sabtu (19/12) dengan mengambil tempat di meunasah desa setempat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Gampong untuk tahun anggaran 2021.

example banner

Musrembang tingkat Gampong tersebut dihadiri oleh para warga, termasuk kaum perempuan yang tergabung dalam bergabagi orsanisasi tingkat desa, juga hadir dalam musrembang tersebut Geuchik Gampong Seuneubok Lhong, Sudirman serta perangkatnya, seperti sekdes, para Tuha Peut serta Tuha Lapan, para tokoh masyarakat yang mengikuti acara yang dinilai penting untuk membahas pembangunan gampong mereka untuk tahun depan. Sekaligus, kehadiran warga di event tersebut bertujuan menyerap aspirasi mereka dalam hal pembangunan desa, sekaligus menentukan skala prioritas berdasarkan dengan kemamampauan anggaran yang diterima gampong tersebut.

BACA..  Pemko Sabang Ikut Hadir Kongres Jamesta Indonesia

Keuchik Sudirman yang membuka secara resmi kegiatan Musrenbang TA 2021, meminta kepada seluruh peserta dan warga yang hadir agar memberikan masukan dan aspirasi masing-masing demi kelanjutan dan kemajuan pembangunan Gampong Seunebok Lhong.

Ia juga mengingatkan warganya bahwa dasar pelaksanaan kegiatan RKPG, mengacu dengan Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 Pasal 9 ayat 3 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG) yang tentu saja wajib dilakukan oleh setiap Gampong.

BACA..  Pemko Sabang Ikut Hadir Kongres Jamesta Indonesia

Geuchik Sudirman mengatakan, pembangunan di Gampong paling tidak harus mencakup lima bidang penting dan dijadikan prioritas, yaitu Bidang ketahanan pangan, infrastruktur, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan penguatan spritualitas. Selain itu, lebih menitik beratkan agar lebih pada kepentingan masyarakat, daerah, dan prioritas nasional, termasuk stunting dalam bidang kesehatan lainnya.

”Pencegahan stanting, merupakan program nasional, untuk itu harus diberdayakan Posyandu dan kader yang ada di gampong, termasuk menyediakan makanan sehat bagi anak-anak dan ibu hamil sebagai asupan gizi saat diadakan kegiatan posyandu,” ujarnya,.

BACA..  Pemko Sabang Ikut Hadir Kongres Jamesta Indonesia

Dalam musrembang gampong itu, telah mendapat respon dari Geuchik Sudirman, bahkan beberapa usulan telah terealisasi tahun 2020, dan selanjutnya, usulan akan diurutkan berdasarkan prioritas dalam penyusunan RKPG tahun 2021. Berkenaan dengan event tersebut, turut dihadiri pula Pendamping Lapangan Desa (PLD), Tarmizi, S.Com.

Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021, sebagai forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan tiap tahunnya, yang diharapkan para pemangku kepentingan (stakeholder) Gampong Seuneubok Lhong untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) tahun anggaran 2021.(*).