Abu Tumin Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Jamik Istiqamah

oleh -91 views

Laporan | Maimun Murdaz

Bireuen (AD) – Tgk H Muhammad Amin (Abu Tumin) Blang Blahdeh, berkesempatan melakukan peletakan batu pertama di Mesjid Jamik Istiqamah yang terletak di Gampong Blang Rheum, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Kamis (18/11).

Pembangunan mesjid baru yang bersisian dengan mesjid lama, selama ini dinilai tidak mampu menampung jamaah saat beribadah, terutama saat melakukan shalat Jumat. Sehingga bersama enam Geuchiek Gampong di Kemukiman Paloh, tokoh masyarakat, tokoh pemuda setempat, bersepakat membangun Mesjid Jamik yang resprentatif.

Apalagi pembangunan itu didukung donatur tetap yang berasal dari desa itu, yang telah berhasil di Jakarta, yang menyatakan komitmennya untuk terus membantu Pembangunan Mesjid Jamik tersebut.”Begitupun, panitia sangat mengharapkan dukungan maupun bantuan dari donatur lainnya, sehingga masjid ini, cepat rampung,” harap mantan Geuchik Seunebok Lhong itu.

BACA..  H Salamina Resmikan Program Kewirausahaan di MAN 3 Aceh Utara

Ketua Panitia, Anwar Thaleb yang juga sebagai penggagas Pembagunan Mesjid Jamik Istiqamah menyebutkan tentang faktor dan kondisi masjid lama yang menggerakkan hatinya, untuk membangun masjid baru. “Kondisi masjid lama, sekarang ini, sudah tidak mampu menampung para jamaah pada waktu shalat Jumat,” sebutnya.

Dikatakan, mendanai desain bangunan masjid yang peletakan batu pertama sekaligus peusijuk oleh Tgk H Muhammad Amin (Abu Tumin Blang Blahdeh), menyerupai Mesjid Agung, Sultan Jeumpa, di Kota Bireuen, baik ornament dan bentuk desainnya,” Syukur Alhamdulillah, Abu Tumin Blang Bladeh berkesempatan hadir di sini, yang seusai seremoni peletakan batu pertama, berkenan memberi nama baru, yaitu Mesjid Jamik Istiqamah, artinya dengan menambah kata “Jamik,” tutur Anwar Thaleb, yang juga Kepala Mukim Paloh.

Diharapkan dengan Pembangunan Mesjid Jamik Di Gampong Blang Rheun, para panitia tetap kompak dalam pelaksanaannya, dan tetap bekerjasama dengan baik, agar proses pembangunnya, bisa bejalan lancar, termasuk dalam mencari dana dari donatur maupun dalam pelaksanaan pembangunan fisiknya. “Jika berjalan lancar, Insyaallah tiga tahun akan rampung, agar dapat digunakan untuk meningkatkan ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT,” tutur Anwar Thaleb seraya menyebutkan enam desa Kemukiman Paloh meliputi, Gampong Blang Rhem, Seneuboel Lhong, Kuta Meuligoe, Paloh Panyang, Blang Seunong, serta Gampong Cot Lusong.

BACA..  FH Unimal Membangun Kerjasama Dengan Instansi Penegak Hukum di Aceh

Dalam peletakan batu pertama juga dihadiri, mantan ketua DPRK Bireuen, Ridwan Muhammad, H Munawar, Tgk Ali, Tgk Aidinur, Tgk Muhammad Husain, para Geuchiek Gampong dalam Kemukiman Paloh, Bhabinkamtibmas setempat, serta tokoh dari berbagai elemen masyarakat lainnya. Juga hadir dalam kesempatan tersebut personil Kemenag Kabupaten Bireuen untuk melakukan pengukuran arah kiblat.(*).

BACA..  MAN 1 Aceh Utara Adakan Maulid dan Menyantuni Anak Yatim