Meurah Budiman Usulkan Peningkatan Status Lapas Kelas Tiga Sinabang

oleh -48 views

 GOOGLE NEWS

Simeulue (AD)- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil- Kemenkumham) Aceh, Drs. Meurah Budiman, SH, MH bersama rombongan melakukan kegiatan kunjungan kerja pengawasan di Lapas Kelas III Sinabang, Selasa 20 September 2022. 

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Aceh tersebut, turut didampingi langsung Pj Bupati Simeulue, Ahmadlyah, SH, Plt. Sekda Simeulue, Asludin, M.Kes dan Kepala Lapas Kelas III Sinabang, Suparman, SH.

Dalam kegiatan peninjauan di Lapas Kelas III Sinabang, Kakanwil Kemenkumham Aceh melihat sejumlah fasilitas di Lapas seperti bangunan kantor utama, dapur, kamar mandi, perpustakaan serta melihat kondisi warga binaan yang ada di Lapas Kelas III Sinabang.

Kakanwil Kemenkumham Aceh, Drs. Meurah Budiman, SH, MH kepada awak media usai melihat kondisi Lapas Kelas III Sinabang menuturkan bahwa, kegiatan peninjauan Lapas Kelas III Sinabang ini merupakan kegiatan pengawasan yang dilakukan untuk memastikan pelayanan terhadap pemasyarakatan.

“Kami sudah mengusulkan agar ditingkatkan fasilitas maupun sarana pra sarana yang ada di Lapas Kelas III Sinabang, terutama faktor pengamanan terus dapat ditingkatkan,” ungkap Meurah Budiman.

Selain itu, pihaknya juga berupaya dalam waktu dekat melakukan pemindahan warga binaan dari beberapa daerah yang ada di Aceh untuk ditempatkan di Lapas Kelas III Sinabang.

Di samping itu, kata Meurah Budiman, upaya peningkatan status kelas Lapas Sinabang akan diupayakan untuk ditingkatkan ke Lapas Kelas II, namun perlu ditinjau dari aspek volume kerja.

“Kita berupaya untuk menambah jumlah tenaga sumber daya manusia (SDM) untuk ditempatkan di Lapas Kelas III Sinabang,” ujarnya.

Sementara itu,  Pj Bupati Simeulue, Ahmadlyah, SH sangat berharap agar Lapas Kelas III Sinabang dapat segera ditingkatkan status kelasnya ke Kelas II, sehingga Lapas Sinabang dapat berbenah baik dari segi fasilitas maupun sarana dan prasarana.

“Kita meminta ada perhatian besar kepada Lapas Sinabang dari Kanwil Kemenkumham Aceh, pihaknya sangat mendukung pemanfaatan lahan kosong yang ada di Lapas Kelas III Sinabang, dan kita juga menyambut baik jika Lapas Kelas III Sinabang dijadikan tempat seperti Lapas yang ada di Nusakambangan, dapat menampung warga binaan dari berbagai daerah di Aceh,” harap Pj Bupati Simeulue. (*)