ACT Salurkan Hewan Qurban ke Berbagai Kabupaten/Kota di Aceh

oleh -29 views

Banda Aceh (AD)- Mengambil tagline Berqurban Tanpa Batas, Global Qurban- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyalurkan 166 ekor hewan qurban berupa sapi dari tiga negara muslim.

Hewan qurban tersebut kemudian disalurkan ke 15 kabupaten dan kota di Aceh. Qurban tersebut dikirim oleh Türkiye Diyanet Vakfı (TDV), Hayrat Yardım, dan Ministry of Foreign Affairs (MOFA) Kuwait lalu dikelola dan disitribusikan ke seluruh kota dan kabupaten se-Aceh oleh Global Qurban- ACT berkolaborasi dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di Aceh.

Di masa pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, ini adalah bentuk ikhtiar terbaik untuk menunaikan ibadah qurban tanpa batas wilayah. Dimana kini, berqurban bisa kemana saja kepada mereka yang membutuhkan.

Türkiye Diyanet Vakfı merupakan yayasan yang didirikan oleh Direktorat Jenderal Agama Islam Turki. MOFA Kuwait adalah Kementerian Luar Negeri dari pemerintahan Kuwait. Sedangkan Hayrat Yardim salah satu lembaga kemanusiaan yang dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri Turki untuk melayani pengungsi Suriah di dalam Turki dan memiliki fokus terhadap Indonesia.

Kepala Cabang ACT Aceh, Zulfurqan menuturkan, di tahun ini mungkin sangat berat bagi sebagian kita, namun tidak melunturkan niat baik dalam berqurban. Bahkan semakin bersemangat lagi. Tahun ini sebanyak 41.500 lebih penerima manfaat di Aceh mendapatkan daging qurban dari Global Qurban-ACT.

“Seperti inilah bukti sebenarnya berqurban tanpa batas, seperti tagline Global Qurban saat ini. Wujud persaudaraan muslim tanpa batas wilayah,” ungkap Zulfurqan, Selasa 20 Juli 2021.

Selanjutnya qurban didistribusikan ke 15 kabupaten dan kota di Aceh, yakni Subulussalam, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil.

Selain itu, ia juga menuturkan, jika daging qurban ini didistribusikan dengan melibatkan relawan MRI di setiap kabupaten dan kota agar tepat sasaran, yang sebelumnya penerima manfaat tersebut telah di asesment dan dilihat sehingga yang menerima adalah mereka yang layak menerima daging hewan qurban.

“Agar tepat sasaran, karena banyak masyarakat Aceh saat ini yang masih kurang mampu dan membutuhkan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban dari negara muslim ini dilakukan dari hari pertama lebaran Idul Adha 1442 Hijriah hingga hari tasyrik ke-tiga dengan titik pemotongan hewan qurban berada di empat lokasi, yaitu di Aceh Jaya, Lhokseumawe, Pidie Jaya, dan Aceh Besar. Selanjutnya distribusi dan disebar ke penerima manfaat di seluruh kabupaten dan kota di Aceh.

“Hari pertama dilakukan penyembelihan hewan qurban di tiga titik. Dimana 10 ekor sapi di Aceh Jaya dengan mitra Hayrat, dan 50 ekor sapi di Aceh Utara. Sedangkan enam ekor sapi disembelih dengan mitra MOFA Kuwait di Subulussalam.

Titik penyembelihan di Aceh Jaya berlokasi di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) yang dikelola oleh ACT. Sapi-sapi yang diqurbankan juga merupakan sapi yang berasal dari LTW tersebut. Sehingga memberdayakan sumber daya lokal. Sedangkan penyembelihan di Aceh Utara berlokasi di Dayah Darul Aitam, Kecamatan Sampoiniet.

“Alhamdulillah, di Aceh Utara juga ada 50 ekor sapi yang disembelih. Saat ini (tengah hari) sudah semuanya disembelih. Disana juga datang langsung mitra kami dari Turki, yang besoknya juga masih berlangsung pemotongan hewan qurban dari mitra TDV,” pungkas Zulfurqan.

Untuk hari kedua dan ketiga, sebutnya, TDV akan qurban 100 ekor sapi, dengan membagi dua titik pemotongan yaitu di Pidie Jaya dan Aceh Besar.

Sementara itu, Staf Program ACT Aceh Munandar mengatakan, selain penyembelihan hewan qurban, di tempat pemotongan Aceh Utara, Pidie Jaya, dan Aceh Besar, juga akan dibuat ‘Dapur Qurban’.

“Akan ada dapur Qurban di titik pemotongan tersebut. Akan ada sapi yang dipotong dan diolah sedemikian rupa menjadi hidangan yang lezat, dan dapat disantap oleh masyarakat sekitar pemotongan yang sudah berpartisipasi dalam penyelenggaraan qurban ini,” tutur Munandar.

Di waktu yang sempit ini, Global Qurban masih menerima bagi sahabat yang ingin menunaikan ibadah qurban. Sahabat dapat mengunjungi tautan bit.ly/AcehBerqurbanTanpaBatas dan mengisi akan berqurban atas nama siapa, lalu melanjutkan proses pembayaran.

“Atau sahabat juga dapat transfer melalui rekening atas nama Yayasan Global Qurban ke Bank Syariah Indonesia 7158523994 atau Bank Aceh Syariah 01001930009323. Lalu konfirmasikan kurban sahabat melalui pesan singkat WhatsApp ke 0822-8326-9008 atau pesan pribadi Instagram @act_aceh,” tutupnya. (*)