Dinilai Ingkar Janji, Tiga Perusahaan di Lhoknga Didemo

oleh -110 views
Sejumlah poster bernada menuntut pihak perusahaan diusung oleh masyarakat lhoknga saat mrnggelar aksi desakan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat lokal, kamis, 20 Juni 2019. Foto: ist.

Jantho (ADC) Ratusan Masyarakat Pemukiman Lhoknga, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, mendesak pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Lhoknga, untuk segera membuka peluang kerja bagi putra putri setempat. Perusahan dimaksud adalah PT.SBA, PT. MACMAHON dan PT. LNET. Desakan tersebut dilakukan maayarakat setempat, Kamis, 20 Juni 2019.

Nurman Syahrul Koordinator aksi mengatakan tujuan menggelar aksi tersebut yang turut dilaksanakan di depan lokasi ketiga Perusahaan itu, guna menuntut perusahaan bersangkutan untuk segera membuka lowongan kerja bagi masyarakat setempat, mengingat saat ini jumlah masyarakat dilingkungan tempat perusahaan itu beroperasi yang dipekerjakan hanya sedikit sekali, dan umumnya pekerja yang digunakan dari luar wilayah lhoknga bahkan luar daerah Aceh.

” Kita mendesak perusahan perusahaan ini segera membuka kesempatan kepada masyarakat disini untuk dapat mencari rezeki di perusahaan itu sesuai kemampuan yang dimiliki masing-masing,” Kata Nurman Syahrul yang turut diiayakan oleh wakilnya Maulidar Mch.

Menurut Nurman, para masyarakat Kecamatan Lhoknga khususnya Kemukiman Lhoknga, sudah mencoba bersabar hingga sekian lama perusahaan itu berlangsung, bahkan sejumlah janji janji yang telah diikrarkan oleh perusahaan tersebut sudah berulang kali. Celakanya, janji hanya tinggal janji masyarakat tetap saja jadi penonton.

“Mereka (perusahaan) sudah berulangkali berjanji tapi, tetap saja masyarakat hanya jadi penonton, ini bukan cuma bentuk desakan, tapi juga bentuk luapan kekecewaan masyarakat,” ujarnya lagi.

Aksi maayarakat ini merupakan aksi kesekian kalinya dalam agenda menuntut janji pihak perusahaan perusahaan dimakaud. Namun sebelumnya selalu berakhir dengan MoU (atau hasil kesepakatan), sedangkan realisasinya tidak perna terjadi. Untuk kali ini, masyarakat berjanji tidak akan berhenti melakukan aksi sebelum tuntutan yang diajukan dipenuhi.

” Kita tidak mau tertipu lagi dengan janji janji mereka, jika belum ada kejelasan, aksi akan kita lanjutkan dihari selanjutnya,” demikian tegas Nurman syahrul.

BACA..  APBA 2022 Disahkan, Anggaran Belanja Rp.16 Triliun Lebih

Aksi yang melibatkan masyatakat, pemuda Kecamatan Lhoknga dan mahasiswa yang juga putra putri Kemukiman Lhoknga itu, mendapat mengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan TNI. Aksi berjalan lancar hingga masa aksi untuk hari ini diakhiri.

Meski seharian penuh melakukan aksi tuntutan lowongan kerja dari perusahaan perusahan itu, bahkan sempat dilakukan negosiasi yang diwakili oleh sejumlah wakil dari masyarakat, alhasil para staff salah satu perusahaan yang menerima para massa aksi juga belum dapat memberikan keputusan pasti, dengan dalih belum ada petunjuk dari pimpinan tertinggi perusahaan. (Dahlan).