Proyek Irigasi Tahun 2015 Tak Kunjung Selesai, Warga Berharap Segera Bisa Dimanfaatkan

oleh -99 views
Proyek pembangunan irigasi di Gampong Seumira Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Foto: Nas|APC
Proyek pembangunan irigasi di Gampong Seumira Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Foto: Nas|APC

CALANG |AP-Sebuah Proyek Pembangunan Irigasi yang terletak di Gampong Seumira Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya dipertanyakan warga, pasalnya proyek yang sudah mulai dikerjakan sekitar bulan April tahun 2015 sampai Mei 2016 belum bisa dinikmati manfaatnya oleh warga.

Padahal Warga Gampong Seumira begitu berharap agar pembangunan irigasi tersebut bisa segera dimanfaatkan oleh warga. Deek (45) Salah seorang warga Gampong Seumira Jum’at (20/05/2016) kepada sejumlah awak media mengatakan, dirinya merasa aneh dengan pembangunan tersebut yang tak kunjung selesai, ia berharap kepada rekanan dan pemerintah untuk segera menyelesaikan pembangunan irigasi tersebut, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau gak salah bulan 4 tahun 2015 sudah mulai dikerjakan tapi sampai sekarang sudah bulan 5 tahun 2016 belum selesai, kami sangat berharap irigasi segera selesai, karena sangat bermanfaat bagi kami masyarakat tani,” ucap Deek.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Aceh Jaya Ir. H Nurman DS yang dimintai keterangan oleh wartawan pada hari yang sama via telepon selularnya mengatakan, jika proyek irigasi dengan jumlah anggaran 3,5 Milyar yang bersumber DAK tambahan APBN itu, sudah selesai pekerjaannya.

“Irigasi yang di Desa Seumira ya, itu seudah selesai pekerjaannya, proyek itu bertahap, untuk tahap awal memang sampek segitu pekerjaannya, dan nantinya akan tahap pembangunan lanjutan,” ujar Nurman.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Aceh Jaya Azhari ST via telepon selular dihari yang sama juga mengatakan,  proyek tersebut belum PHO (serah terima) dari rekanan kepada pemerintah.

“Belum PHO, tinggal menyambungkan saluran yang terputus itu, kemarin saluran itu sengaja tidak disambungkan dulu, karena untuk keperluan membawa material, nanti hari senin tinggal sambungkan, kan tidak lama hanya beberapa meter”, pungkas Azhari. [Nas]