KTNA Kota Sabang Buat Pupuk Organik JST

oleh -231 views
example banner

example banner

Laporan | Jalaluddin Zky

Sabang (AD) – Dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Sabang, melakukan kegiatan pembuatan pupuk organik cair yaitu pupuk, Jamu Sehad Tanaman (JST), terbuat dari bahan baku yang ada disekeliling lingkungannya.

Ketua KTNA Ingin Jaya yang berpusat di Gampong Batee Shoek, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang Saifuddin mengatakan, kini kelompok yang dipimpinnya itu telah mampu membuat pupuk organik cair setelah mendapat ilmu dari Komandan Lanud Maimun Saleh Sabang, Letkol Pnb Dariyanto., kata Saifuddin Sabtu (20/02/21) di Sabang.

BACA..  Empat Desa di Tanah Jambo Aye Ikut Pembekalan SDG's Tahun 2021

Saifuddin menerangkan, kelompoknya membuat pupuk organik cair JST dilakukan pada hari Jumat tanggal 19 Februari 2021 di Gampong Batee Shoek, yang dihadiri langsung oleh Danlanud Maimun Saleh Sabang, Letkol Pnb Dariyanto dan Kapala Dinas Pertanian Pangan Kota Sabang Fakri.

Selain itu, juga turut disaksikan oleh Kepala Bidang Penyuluh Pertanian Kota Sabang Suchairi dan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Ibu Tatik, beserta segenap petugas penyuluh pertanian Kecamatan Sukakarya Kota Sabang termasuk aparat Gampong Batee Shoek dan Keuchik Gampong Paya Seunara.

“Pengurus kelompok tani yang tergabung dalam kelompok KTNA Gampong Batee Shoek, menunjukan kemampuan cara membuat pupuk organik cair JST dihadapan masyarakat, pejabat Dinas Pertanian Pangam dan Komandan Lanud Maimun Saleh” terangnya.

Maksud dan tujuan membuat pupuk organik cair JST lanjut Saifuddin, terutama bahan baku mudah didapat disekitar lahat pertanian yang ada, kemudian pupuk tersebut telah terbukti bahwa hasil panen pertanian jauh lebih baik dan meningkat.

BACA..  Partai Golkar Lhokseumawe Berbagi Ratusan Paket Lebaran

“Pupuk JST sudah terbantu kebutuhan pupuk yang dibutuhkan petani didalam melakukan usaha pertanian dan perkebunan termasuk pengembangan peternakan serta perikanan budidaya ikan air tawar. Semoga pertanian di Sabang kedepan lebih maju dan mandiri”, harapnya.(*)