Visi Misi Sarjani Ingin Wujudkan Pemerintahan Yang Amanah dan Istiqamah

oleh -122 views

 GOOGLE NEWS

SIGLI | AP-Visi dan Misi merupakan sebuah kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai dalam 5 (lima) tahun mendatang. Visi dan Misi diharapkan mampu menjawab permasalahan pembangunan daerah dan/atau isu strategis yang harus diselesaikan dalam jangka menengah serta sejalan dengan visi dan arah pembangunan jangka panjang daerah. Visi dan Misi memberikan landasan pemikiran yang rasional tentang hasrat dan upaya yang harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan sebagai pihak yang terlibat dan terkait. Konsep kebijakan ini menjadi tuntunan bagi semua pihak dan diwujudkan melalui kebersamaan pandangan, sikap dan perbuatan.

Begitu juga dengan pasangan petahana ini. Bagi mereka, Visi dan Misi merupakan serangkaian program dan strategi penerapannya yang diharapkan berdampak positif bagi pembangunan dan kehidupan masyarakat di Kabupaten Pidie. Visi dan Misi pemerintahan Tgk. Sarjani Abdullah dan Iriawan, SE dapat terlihat dari berbagai aspek yang dirumuskan dalam kebijakan-kebijakan yang pro rakyat dan memperhatikan keselarasan berbagai daerah kota dan desa dalam menaikkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pidie.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam jangka waktu 5 (lima) tahun kedepan akan diwujudkan sebuah Pemerintahan Kabupaten Pidie yang bermotto AMANAH dan ISTIQAMAH serta bekerja dalam melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan selalu berdasarkan pada prinsip-prinsip partisipasi masyarakat, sehingga semua warga masyarakat dapat merasakan dan menikmati adanya peningkatan kesejahteraan. Berikut uraian Visi dan Misi pasangat yang diusung Partai Aceh dan koalisi;

VISI

Visi adalah pandangan jauh ke depan, ke arah mana dan bagaimana Kabupaten Pidie akan dibawa dan berkarya agar konsisten dan eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Pernyataan Visi Calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Periode 2017-2022 dalam membangun Kabupaten Pidie lima tahun kedepan adalah:

TERWUJUDNYA MASYARAKAT PIDIE YANG ISLAMI, SEJAHTERA

DAN BERMARTABAT DALAM KEDAMAIAN

Secara filosofis visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung di dalamnya, di mana nilai-nilai yang terkandung dalam visi tersebut saling berkait satu sama lain, yaitu:

  • Masyarakat Pidie, adalah seluruh penduduk yang bertempat tinggal dalam Kabupaten Pidie, tumbuh berkembang dalam segala aspek secara bersama dan berinteraksi dalam suatu hubungan sosial.
  • Islami, bahwa masyarakat Pidie merupakan masyarakat yang beriman kepada Allah SWT dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Utusan Allah SWT. Senantiasa menghambakan diri kepada Allah SWT dengan cara melaksanakan amal ibadah yang disyariatkan-Nya sebagaimana yang dibawa oleh utusan-Nya, Nabi Muhammad SAW hingga hari kiamat.
  • Sejahtera, yaitu terciptanya suatu keadaan masyarakat Kabupaten Pidie yang aman sentosa dan makmur dengan terpenuhinya kebutuhan lahir dan batin berupa kebutuhan pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, beribadah, mengembangkan adat istiadat, kebutuhan energi, transportasi, komunikasi, rekreasi dan hiburan yang islami serta kebutuhan lainnya untuk layaknya hidup sebagai manusia.
  • Bermartabat, yaitu bermakna bahwa terciptanya masyarakat Kabupaten Pidie yang memiliki persamaan derajat dan tingkatan harkat kemanusiaan serta kedudukan yang terhormat sebagai makhluk Allah SWT yang memiliki kemampuan kodrat, hak dan kewajiban azasi dalam kehidupan pribadi (individu), bermasyarakat (sosial), berbangsa dan bernegara.
  • Kedamaian, yaitu bermakna bahwa terciptanya kehidupan masyarakat Kabupaten Pidie yang aman tenteram dan bebas dari rasa ketakutan dan kekhawatiran, bebas dari gangguan dan rongrongan yang mengancam keselamatan lahir dan batin karena terjaminnya rasa keadilan dalam tata kehidupan, jauh dari pertikaian dan silang sengketa, mantap dalam menciptakan berbagai bentuk kerukunan, semua permasalahan diselesaikan dengan musyawarah, namun tetap menggalakkan dinamika masyarakat secara individu maupun kelompok merangsang aktivitas yang kreatif dan inovatif dalam memperlancar laju pembangunan.

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya. Berdasarkan Visi di atas, maka ditetapkan misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Periode 2017-2022 dalam membangun Kabupaten Pidie lima tahun kedepan adalah:

  1. Meningkatkan Pengamalan Nilai-Nilai Keislaman
  2. Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan dan Kemandirian Gampong
  3. Meningkatkan Penanggulangan Kemiskinan
  4. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur yang Berkualitas, Keseimbangan Lingkungan dan Penanganan Bencana
  5. Meningkatkan Kualitas Pendidikan formal, non formal dan Informal yang Islami
  6. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih
  7. Meningkatkan Mutu Layanan Kesehatan yang Berkualitas
  8. Meningkatkan Kualitas Perdamaian dan Supremasi Hukum
  9. Meningkatkan Pengembangan Sosial Budaya dan Pariwisata Islami [r]