Pangdam IM Meninjau Langsung Penegakan Prokes di Masjid Raya Baiturrahman

oleh -177 views

Banda Aceh (AD)- Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M meninjau langsung penerapan Protokol Kesehatan (Promes) pada saat pelaksanaan Shalat Jum’at di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, 18 September 2020. 

Kehadiran Pangdam di Masjid kebanggaan rakyat Aceh ini, dalam rangka menindaklanjuti Pergub Aceh Nomor 51 Tahun 2020 tentang Penanganan Covid -19, serta penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Aceh.

Pangdam IM menyadari, bahwa saat ini perkembangan kasus Covid -19 di Aceh meningkat sangat signifikan. Sehingga hal tersebut dibahas dalam rapat virtual Forkopimda Aceh bersama para Bupati dan Wali Kota serta Forkopimda darrah masing-masing wilayah, Jum’at pagi.

BACA..  Kunker ke Simeulue, Pangdam IM Hadiahi Sepeda Motor Ke Acil

Kami baru saja melakukan rapat secara virtual yang dipimpin Plt Gubernur Aceh membahas tentang evaluasi pelaksanaan penanganan Covid -19 selama ini. Kita sadari, semua peran sudah kita lakukan, namun demikian, mari kita berangkat mengevaluasi apa yang kita lakukan tersebut dengan hasil yang sudah kita hasilkan sekarang.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus evaluasi, sehingga kasus ini bisa kita eliminir,” kata Panglima.

BACA..  Remaja Kenangkung Tewas Ditusuk

Pertama, bagaimana cara memutus rantai penyebarannya. Kedua, bagaimana bisa kita mengurangi pasien yang terdampak. Ketiga, bagaimana kita mengupayakan tingkat kesembuhan yang lebih baik. Dan yang terakhir, tentunya cara bagaimana kita bisa mengurangi dampak meninggal dari terdampak Covid -19 ini.

Selain itu, Pangdam IM menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan Kodam Iskandar Muda dalam penerapan Prokes tersebut, dalam pelaksanaan ibadah.

Kita tidak mengurangi syariah-syariah yang telah dijalani, dan tidak menyentuh agama. Dengan arahan dari orang tua (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman) dan petunjuk para alim ulama, kita lakukan ini dengan kesadaran untuk kepentingan bersama.

“Tentunya bukan semata-mata hanya kegiatan di masjid saja, namun juga termasuk kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya berkumpul,” ujar Panglima.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IM mengajak masyarakat untuk sama-sama mentaati Prokes guna mencegah penyebaran Covid -19 di Aceh.

“Mari kita mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan dengan kesadaran untuk kepentingan bersama,” pinta Panglima usai melaksanakan ibadah Shalat Jum’at.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Prof Dr Tgk H Azman Ismail MA mewakili pengurus lainnya, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pangdam ke masjid ikon Aceh ini.

“Terima kasih Panglima telah mengunjungi kami, yang saya tahu beliau sangat sibuk. Ini suatu kebanggaan, dimana seorang Panglima datang dan shalat bersama kami. Nampak sekali beliau low profile, sehingga kami ingin mendapat wejangan dan petunjuk dari beliau,” ujar Imam Besar.

Untuk diketahui, Kodam IM turut mengadakan pembagian 1.900 masker kepada para jamaah yang hendak melaksanakan shalat Jum’at di Masjid Raya Baiturrahman. Selain membagikan masker, para masyarakat juga diminta untuk menjaga jarak. (AF/R)