BRA Ziarah ke Makam Pejuang GAM di Ulee Rubek

oleh -334 views

LHOKSUKON (AD) – Di hari ke empat peringatan Damai Aceh ke 15, Badan Reintegrasi Aceh (BRA) lakukan ziarah ke makam syuhada para pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM), di Gampong (Desa) Ulee Rubek, kecamatan Seunuddon, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Rabu 19 Agustus 2020.

Gampong Ulee Rubek, merupakan satu diantara wilayah basis Gerakan Aceh Merdeka pada saat konflik Aceh bergolak, banyak pejuang GAM yang gugur dalam bentrokan bersenjata antara Pemerintah Indonesia dengan GAM pada saat itu.

“Ini merupakan bentuk bentuk kemanusiaan dan rasa empati kepada para syuhada pejuang GAM dalam mempertahankan keadilan di Aceh. Taruhan mereka saat konflik berjalan adalah nyawa. Rasa itu yang kita pupuk saat ini dalam menghormati dan menghargai arti sebuah perjuangan yang hakiki,” tegas ketua BRA Sayed Fachrurrazzi kepada atjehdaily.id melalui pesan singkat whatsapp.

BACA..  Kunker ke Simeulue, Pangdam IM Hadiahi Sepeda Motor Ke Acil

Menurutnya hal tersebut merupakan Refleksi Hari Damai Aceh Ke-15 tahun. Menghormati para pejuang GAM yang syuhada pada bentrokan bersenjata saat konflik.

Sayed bersama tim BRA, lakukan doa dan ziarah ke makam pejuang GAM di Ulee Rubek, Makam panglima Muda atau Panglima Operasi (PangKoops) Wilayah Samudera Pase Tgk. Hamdani Bin Juned di Gampong Ulee Rubek Timu kecamatan Seunuddon Aceh Utara.

BACA..  Dirlantas Polda Aceh Minta Pengendara Tetap Waspada di Jalan Raya

Pada ziarah itu, terlihat hadir, Toke Beudak Geusyik Gampong Matang Lada, juga Nek Gam, dan anggota KPA sagoe kuta Piadah, Muntir, Tgk. Meulaboh, beserta rakan-rakan KPA sagoe.

Diakhir sesi ziarah, dilakukan doa bersama dipimpin oleh Abu Ibrahim Pimpinan pesantren dan Yayasan Aneuk Nanggroe Gampong Matang lada kecamatan Seunuddon Aceh Utara. Dan juga ikut bersama rombongan direktur penguatan Reintegrasi, Munir hanter dan Anwar Ramli Satpel BRA Kabupaten Aceh Utara. (Red/Rls)