Superior, PSG Lumat RB Leipzig 3-0, Lolos ke Final

oleh -130 views

ATJEHDAILY – Laga antara RB Leipzig vs Paris Saint-Germain berjalan dengan tempo lambat di awal pertandingan. Sebagai tim yang lebih diunggulkan, PSG lebih dominan menyerang.

Les Parisiens mendapatkan kesempatan untuk membuka keunggulan. Neymar berhasil lolos dari kawalan bek RB Leipzig usai mendapatkan umpan terobosan dari Mbappe di menit ke-5, tapi tendangannya masih membentur tiang gawang dan keluar dari lapangan.

Setelah itu, PSG sejatinya mampu mencetak gol usai tendangan kiper RB Leipzig diblok Neymar dan jatuh ke kaki Mbappe yang memasukkan bola ke gawang lawan. Sayangnya, Neymar dianggap handball lebih dulu, sehingga gol itu dianggap tidak sah.

BACA..  Prediksi Pertandingan Borussia Monchengladbach vs RB Leipzig

Terus menyerang, gol yang dinantikan PSG pun akhirnya tiba. Skuat asuhan Thomas Tuchel menciptakan gol melalui skema bola mati yang diinisiasi oleh Angel Di Maria.

Di menit ke-13, pemain sepak bola asal Argentina itu mengambil eksekusi tendangan bebas dan mengirimkan bola ke dalam kotak penalti RB Leipzig. Umpan matang Di Maria disambar sundulan Marquinhos yang merobek gawang Peter Gulasci.

BACA..  Prediksi Pertandingan Bristol City vs Norwich City

Unggul 1-0 tak membuat PSG mengendorkan serangan. Di menit ke-16 giliran Mbappe mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan, tapi tendangannya mampu ditepis Gulasci.

Dalam keadaan tertinggal, RB Leipzig tak tinggal diam. Si Banteng Merah beberapa kali mengancam gawang PSG. Di menit ke-25, Poulsen nyaris menyamakan kedudukan lewat serangan balik jika bola tendangannya tak melebar.

Neymar menunjukkan kualitasnya dalam melakukan tendangan bebas. Di menit ke-36, Neymar langsung mengarahkan bola ke arah kiper dan hanya membentur tiang gawang.

PSG akhirnya mampu menggandakan keunggulan jelang berakhirnya babak pertama. Les Parisien mampu memanfaatkan kesalahan Gulasci yang tak sempurna mengirim bola.

Kesalahan itu mendatangkan petaka bagi RB Leipzig karena PSG langsung melakukan serangan cepat usai melakukan intersep. Neymar berhasil memberikan bola ke Di Maria yang akhirnya merobek jala RB Leipzig untuk kedua kalinya. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 atas keunggulan PSG.

Setelah turun minum, RB Leipzig langsung membuat dua perubahan demi mengejar ketertinggalan dari PSG. Julian Nagelsmann memasukkan Forsberg dan Schick menggantikan Nkunku serta Olmo.

RB Leipzig sempat mengurung pertahanan PSG di awal babak kedua. Akan tetapi, serangan yang dibuat masih menemukan kebuntuan.

Situasi pun berbalik pada menit ke-56 karena PSG sukses membuat gol ketiga. Juan Bernat sukses menanduk bola dari umpan silang Di Maria. Gol itu sempat dicek oleh VAR karena dianggap ada pelanggaran lebih dulu, tapi akhirnya wasit mengesahkannya.

Unggul tiga gol, membuat PSG tak lengah. Skuat asuhan Thomas Tuchel masih tampil solid baik bertahan atau menyerang. Di menit 70-an, Mbappe gagal mencetak gol keempat PSG setelah melewatkan dua peluang emas.

Di sisi lain, RB Leipzig masih terus menggempur pertahanan PSG yang dipimpin Thiago Silva. Meski begitu, tembok milik Les Parisien masih terlalu solid untuk ditembus RB Leipzig.

Sebaliknya, PSG sendiri menunjukkan efektivitas dalam serangan. Lini serang depan Les Parisien membuat Gulasci terus berjibaku untuk membuat penyelamatan.

Merasa sudah aman, Thomas Tuchel akhirnya menarik pemain-pemain penting seperti Di Maria dan Mbappe jelang berakhirnya pertandingan. Tidak ada gol lagi yang terjadi sehingga membuat PSG menang 3-0 atas RB Leipzig.

Atas kemenangan ini, PSG memastikan diri ke babak final Liga Champions. Mereka akan bertemu antara pemenang dari Bayern Munchen atau Olympique Lyon.(red)

Susunan Pemain RB Leipzig vs PSG:

RB Leipzig (3-4-2-1): Gulasci; Klostermann, Upamecano, Mukiele; Laimer, Kampl, Sabitzer, Angelino; Daniel Olmo, Nkunku; Poulsen.

PSG (4-3-3): Sergio Rico; Kehrer, Thiago Silva, Kimpembe, Bernat; Leandro Paredes, Marquinhos, Herrera; Di Maria, Mbappe, Neymar.