banner 700250

Pemdes Alue Gandai Adakan Pertemuan Tatap Muka Dengan Masyarakat

oleh -179 views

Bireuen (AD) – Pemerintah Desa Alue Gandai, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Rabu (19/8) melaksanakan pertemuan tatap muka dengan masyarakat dalam rangka pelaksanaan Posyandu terintegrasi, dalam acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong dan Keluarga Berencana (DPMG-KB) Bireuen.

Kepala DPMG-KB Bireuen Mulyadi, SH melalui TA P3MD Mukhlis Aminullah pada sambutannya mengatakan, bahwa pengajuan APBG pada setiap tahun anggaran berjalan tidak mesti tertuju pada pos anggaran fisik saja (Infrasuktur) di setiap desa.Tentu lebih banyak pos anggaran yang sangat urgent harus dilakukan diberbagai sektor pembangunan untuk kesejahteraan pembangunan masyarakat Gampong.

“Sangat perlu diperhatikan oleh Pemerintah Desa, seperti program pelayanan kesehatan melalui usulan musrembang di Desa terkait kebutuhan dalam menampung aspirasi masyarakat dengan ketersedian mata anggaran yang memadai dan peraturan yang berlaku,” kata Mukhlis.

BACA..  Usman Lamreung: Jangan Sampai Pemerintah di Cap Rezim Penggusur Tanpa Ada Solusi

Lanjutnya, selain program pemberdayaan ekonomi masyarakat harus juga diperhatikan ditengah masa pandemi Covid 19, program kesehatan masyarakat yang merupakan prioritas. Sosialisasi Sunting diwajibkan terhadap APBG DD Tahap III (Terakhir) 2020 yang perlu diperhatikan secara serius dan berkelanjutan oleh pihak Pemdes Alue Gandai khususnya, ujarnya Mukhlis.

BACA..  Usman Lamreung: Jangan Sampai Pemerintah di Cap Rezim Penggusur Tanpa Ada Solusi

Sementara itu Keuchik Alue Gadai A.Rahman didampingi Sekretaris Desa Afrizal, SE juga menyebutkan, kegiatan hari ini, merupakan pertemuan Tatap muka dengan masyarkat pada pelaksanaan program “Posyandu Terintegrasi” bagian dari pemenuhan pelayanan bagi masyarakat Gampong, sekaligus dengan program Peningkatan SDM Kapasitas para Kader Posyandu Desa’, terangya Kades A.Rahman

A Rahman menyebutkan bagi warganya dari golongan Lanjut Usia (Lansia) tidak dapat hadir pada pelaksanaan kegiatan Posyandu Terintergrasi ini,mengenai obat – obatan serta makanan kecukupan Gizi, seperti Susu dan kacang hijau lainnya nanti akan langsung diantar ke rumah penerima manfaat oleh petugas kader Desa Pos Sehat Ceria (Posyandu Lansia).

Alhamdulillah secara kebetulan kegiatan hari ini, pendistribusian bahan pangan pertumbuhan gizi bagi saudara kita untuk ibu ibu dan Bapak Lansia tersebut ikut didampingi Kordinator TA P3MD Kabupaten Bireuen dan kecamatan serta PKB kecamatan Peudada, ujar Keuchik.

Dia menyampaikan selain kegiatan tatap muka, pemateri beserta rombongan juga turut melihat secara langsung bangunan Polindes Gampong yang selesai dikerjakan dan pembangunan kandang ternak dari BUMG Mudah Usaha, serta Pembangunan rumah Dhuafa hampir rampung tuntas dikerjakan dengan dana anggaran yang bersumber dari Dana Desa.

“Pemerintah Gampong Alue Gandai telah memiliki 3 model pelayanan kesehatan bagi masyarakat Desa seperti Polindes. Polindes ini terbangun berkat bimbingan dari Bides Ibu Suzaina Amd, Keb serta turut dibantu oleh ketua kader desa di masing – masing Pos diantaranya Posyandu Balita (Nyak Maneh) Posyandu Lansia (Sehat Ceria) serta BKB (Makmu Beusaree),” sebut Keuchik Gandai.

Selain itu juga dana desa tahun 2020 ini dialokasikan untuk pembangunan untuk Infratruktur publik (proyek fisik) menjadi Prioritas Pemerintah Desa.
Begitu juga sektor Pelayanan Kesehatan Terintegrasi, Pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan bahkan program “Sosialisasi Stunting” tentu juga menjadi kegiatan hal yang wajib dilakukan untuk diajukan pada DD Tahap III 2020, ujarnya lagi Keuchik.

Pantauan media, pelaksanaan “Posyandu Terintegrasi” dan tatap muka berlangsung sukses dikomplek Meunasah Gampong Alue Gandai setempat.

Turut hadir Babinsa Koramil 04 Peudada, Fitri Diana SH dari DPMG- KB diperbantukan di BKB Peudada dan Kamaliah (PKB) Rusydi (P3MD) Sofyan (PLD) dari Kecamatan Peudada serta Tokoh masyarakat dan Perangkat Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Gampong, kalangan waraga Lansia, Ibu Hamil dan sejumlah Balita Gampong Alue Gandai Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. (Iqabal).