Umur Boleh Tua, Unsyiah Bukan Kampus 10 Besar Terbaik di Indonesia

oleh -79 views
Tembok nama Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh. Foto: MU|APC
Tembok nama Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh. Foto: MU|APC

JAKARTA | AP- Umur Universitas Syiah Kuala boleh tua namun kualitasnya belum selevel perguruan tinggi negeri lainnya yang ada di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Dalam pemeringkatan kampus terbaik 2016 versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan pertama dan kedua. Posisi ini masih seperti tahun lalu. Sedangkan kampus ‘Jantong Hatee Rakyat Aceh’ selalu gagal 10 besar.

Selain itu, Universitas Indonesia (UI) berhasil menggusur Institut Pertanian Bogor (IPB) di urutan ketiga. Sementara kampus top di Jawa Timur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) posisinya melorot dari urutan lima tahun lalu ke urutan enam.

Sementara itu Universitas Padjadjaran (Unpad) melorot cukup tajam dari urutan tujuh ke sepuluh.

Pengumuman pemeringkatan kampus unggulan (cluster I) itu disampaikan Menristekdikti Muhammad Nasir usai upacara peringatan kemerdekaan kemarin (17/8). Nasir mengatakan hasil pemeringkatan tahun ini ada kampus yang skornya naik, tetapi ada juga yang turun.

Dia menuturkan pemeringkatan ini objektif dan dijalankan oleh aplikasi komputer. ’’Campur tangan manusianya hanya saat memasukkan data saja,’’ katanya.

Termasuk dalam daftar 10 besar seluruhnya kampus negeri, juga sudah berdasarkan penilaian aplikasi. Bagi kampus-kampus yang nilainya turun, diharapkan bisa naik kembali tahun depan.

Sebagai mana diketahui, Universitas Syiah Kuala (disingkat Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri di Banda Aceh, Indonesia, yang berdiri pada 2 September 1961. [JPPN.COM]