Beri Kemudahan Kepada Masyarakat Imigrasi Luncurkan Siskim 2.0

oleh -400 views

Sabang (ADC) Direktorat Jenderal Imigrasi terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan pengguna jasa keimigrasian.

Imigrasi meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian versi 2.0 pada bulan April 2019. SIMKIM 2.0 ini telah live pada tanggal 29 April 2019 di seluruh Kantor Imigrasi, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di seluruh Indonesia dan Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

BACA..  DPRA Ingatkan Pemerintah Aceh Untuk Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

SIMKIM dibangun pertama kali pada tahun 2007 dan terus mengalami perubahan dan pengembangan. SIMKIM merupakan sistem yang mengintegrasikan seluruh fungsi keimigrasian baik di dalam maupun di luar negeri.

Melalui penerapan SIMKIM, pelaksanaan fungsi keimigrasian seperti pelayanan paspor untuk Warga Negara Indonesia dan pelayanan visa bagi Warga Negara Asing akan semakin efektif, terintegrasi dan profesional.

BACA..  Polda Aceh Amankan 100 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

Kepala Kantor Imigrasi Sabang melalui Plt. Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Iskandar Yus mengatakan penerapan SIMKIM 2.0 ini telah berjalan selama sebulan pada seluruh kantor Imigrasi Indonesia, peningkatan sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian yang dibarengi dengan keluarnya PP Nomor 28 Tahun 2019 tentang jenis dan tarif PNBP di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

BACA..  Tim Humas Kanwil ATR/BPN RI Aceh Kunjungi Redaksi Atjehdaily.Id

“SIMKIM 2.0 sekarang sudah mendukung proses pembuatan paspor baru bisa selesai satu hari sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan” terang Iskandar.

Berbagai peningkatan pelayanan melalui SIMKIM 2.0 ini jelasnya lagi, membuat antusiasme masyarakat Sabang dalam membuat paspor menjadi meningkat., sebutnya.(Jalal).