Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Jelang Distribusi Vaksin Sinovac, Wabup Sidak Puskesmas Tripe Jaya

oleh -173 views
jelang distribusi vaksin
Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, Aceh. H. Said Sani; sedang meninjau kesiapan Puskesmas dan Pustu di Kecamata Tripe Jaya. (Foto : M. Hasan)/dok/atjehdaily.id)

BLANGKEJEREN (AD) Jelang distribusi vaksin sinovac dan pantau sistem pelayanan Kesehatan terhadap masyarakat, Wakil Bupati Gayo lues H. Said Sani didampingi Kepala Dinas Kesehatan Riadussalihin, SKM, lakukan peninjauan ke Puskesmas Kecamatan Tripe Jaya dan sejumlah Pustu yang ada di Kecamatan.

“Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan pelayanan di sejumlah puskesmas dan pustu, agar tetap berjalan normal di masa pendemi Covid-19, serta jelang pelaksanaan vaksinasi sinovac tahap pertama di Gayo Lues,” jelas Wabup H. Said Sani pada atjehdaily.id diruang kerjanya, Jumat, 19 Februari 2021.

BACA..  Dr.hc M. Rotuah Ketua FSPTI-SPSI Aceh Tamiang

Sidak tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung berbagai sarana prasarana layanan kesehatan Puskesmas dan Pustu, seperti ruang pelayanan kesehatan ibu dan anak, ruang penindakan, ruang pemeriksaan dokter, dan fasilitas lainnya.

Sementara menurut Kadis Kesehatan Gayo Lues, Riadussalihin, SKM peninjauan tersebut melihat secara langsung, bahwa pelayanan Puskesmas semuanya berjalan normal. Namun kita tetap harus memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

Monitoring dilakukan untuk meningkatkan pelayanan PKM (pusat kesehatan masyarakat) di Desa Rerebe Kecamatan Tripe Jaya, pemenuhan sarana prasarana sudah cukup memadai tetapi ada usulan dari Kepala Puskesmas untuk penataan lahan dan akses keluar masuk pasien ke PKM serta penghapusan Aset Rumah Dinas Tenaga Kesehatan 2 unit, karena tidak layak lagi untuk dihuni.

BACA..  Bongkar Praktik Galian C Ilegal, Polda Aceh Amankan Dua Unit Alat Berat

Sementara dari 10 poskesdes dan 2 pustu, 5 poskesdes bangunan fisiknya masih dalam kondisi bagus dan layak, tetapi dari usulan tenaga Kesehatan perlu penambahan alat alat Kesehatan dan Mobiler, serta pembangunan pagar poskesdes, drainase serta penataan lahannya.

Untuk 4 poskesdes lainnya dalam keadaan rusak sedang dan berat, usulan dari Tenaga Kesehatan untuk dilakukan rehabilitasi berat seperti poskesdes Tripe jaya, dan Uyem Beriring dan rehabilitasi sedang untuk poskesdes Setul dan Pulo Gelime, juga pembangunan pagar dan penataan lahan, drainase juga pemenuhan alkes dan mobilernya.

Selebihnya 1 poskesdes dan 2 Pustu lagi diusulkan juga dilakukan revitalisasi dan rehab, pagar, drainase, alkes juga mobilernya, serta pembangunan pagar pustu, penataan lahan, drainase, pemenuhan alkes dan mobilernya, sebut Salihin. (M Hasan).