banner 700250

Pedagang Mengeluh, Pasar Ikan dan Daging Kota Panton Labu Hampir Roboh

oleh -125 views

Aceh Utara (AD) – Pasar Ikan dan Daging Kota Panton Labu merupakan milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dimana kondisi gedung Pasar sangat memprihatinkan. Pasar tersebut terletak di Desa Samakurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Ada beberapa Tiang penahan ring balok pasar sudah retak, lantai pasar sudah miring, dan hampir roboh. Hal ini berdasarkan pantauan media, Minggu 18 Oktober 2020 di lokasi.

BACA..  Kapendam IM : TMMD Pengabdian Untuk Negeri

Nufardi M Jafar pedagang daging di pasar Panton Labu saat temui oleh media mengatakan kondisi bangunan pasar ikan dan daging ini sudah beberapa tahun seperti ini dan yang paling parah baru baru ini.

“Ada beberapa tiang penahan ring balok sudah retak, lantai pasar sudah miring akibat longsor, plafon dah mulai jatuh, dan atap banyak bocor,” ujarnya Baging sapaan akrabnya.

Lanjutnya, kadang kadang kita takut juga berjualan dengan kondisi bangunan seperti ini. “Tak ada jalan lain terpaksa kita berjualan biarpun kondisi bangunan seperti ini,” keluhnya.

BACA..  Kapendam IM : TMMD Pengabdian Untuk Negeri

Dirinya selaku pedagang mengharapkan kepada pemerintah Aceh dan Aceh Utara agar bangunan pasar ikan dan daging kota Panton Labu segera direnovasi, supaya kita selaku pedagang tidak was was saat berjualan.

Sementara itu, T Hamdani Aria Pasar Kota Panton Labu saat dikonfirmasi oleh media ini, Minggu (18/10) membenarkan kondisi bangunan pasar ikan dan daging kota Panton Labu sangat memprihatinkan, dimana ada beberapa tiang penahan ring balok pasar tersebut sudah retak, lantainya sudah miring akibat longsor, loteng se bahagian sudah jatuh dan atap banyak yang bocor.

“Pasar Kota Panton Labu dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2005, dan selama ini bangunan tersebut tidak layak lagi untuk transaksi jual beli,” ujarnya.

Dirinya selaku Aria kota Panton Labu sudah beberapa kali mengusulkan ke Dinas terkait kondisi pasar tersebut, dan saat disampaikan Alhamdulillah tanggapan Dinas terkait tersebut sangat baik.

Menurut Hamdani untuk renovasi pasar Panton Labu bisa menelan biaya sebesar Rp 1.2 Miliar, karena banyak hal yang harus dibangun seperti tebing penahan tanah (turap), dimana pasar tersebut dekat dengan sungai.

Dan selama ini lanjutnya, sudah pernah turun ke pasar Panton Labu anggota DPRK Aceh Utara dan mereka langsung melihat kondisi bangunan pasar ikan dan daging tersebut.

Dirinya selaku Aria mengharapkan kepada Pemerintah Aceh dan Aceh Utara serta Dinas terkait agar secepatnya pasar Kota Panton Labu di renovasi, karena untuk keselamatan pembeli dan pedagang yang ada di pasar tersebut. (Ayed).