banner 700250

Bupati Bireuen Resmikan Usaha Ternak Puyuh

oleh -189 views

Bireuen (AD) – Bupati Bireuen dalam kunjungannya ke lokasi Peternakan Puyuh Gadong Meutuah di Gampong Meunasah Gadong, Bireuen, Kamis (17/9), untuk memberi dukungan dan motivasi, terhadap usaha yang digagas Zulfikar, apalagi dalam masa Pandemi Covid- 19.

Kehadiran Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M,Si, ke Gampong Meunasah Gadong, untuk meresmikan dan Peusijuek Usaha Pernakan Puyuh Gadong Meutuah yang dipimpin salah seorang Penyuluh Peranian Kota Juang, Zulfikar, seraya menyebutkan peternakan puyuh milikinya, diharapkan bisa menjadi pilot proyek di bidang peternakan.

Bupati Bireuen menyebutkan, sampai saat ini, Pemkab Bireuen tetap mendukung dan memotivasi agar para peternak puyuh dan usaha lainnya agar berupaya, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di berbagai lini, termasuk program lainnya, yang diharapkan berdampak langsung dan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid -19 ini.

Bupati Muzakkar, mengapreasi dan mendukung kegiatan Peternakan Puyuh yang hal ini, mampu menginspirasi dan memotivasi masyarakat lain untuk berwira seperti Peternakan Puyuh Gadong Meutuah, yang diharapkan mampu menopang ketahanan pangan juga dapat memulihkan ekonomi masyarakat. “Diharapkan melalui unit usaha peternakan mampu menyerap tenaga kerja dari warga sekitar ”Ujar Bupati Bireuen seusai Peusijuek Peternakan Gadong Meutuah.

BACA..  Peserta Bimtek Ibu PKK Kunjungi Tempat Budidaya Selada

Zulfikar mengatakan kepada media ini, selain dirinya sebagai tenaga Balai Penyuluh Pertanian (BPP), tentu saja, ia dituntut untuk berdedikasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, ia dengan membimbing dan mengayomi para petani, untuk kelak dapat berprestasi di bidang pertanian. Di luar jam dinasnya di BBP Kota Juang, ia berusaha dengan menghadirakan Pertenakan Puyuh di desanya itu.

BACA..  Kapendam IM : TMMD Pengabdian Untuk Negeri

“Makanya kehadiran Bupati Bireuen di Pertenakan kami, tentu saja sangat tersanjung, ini sebagai bukti betapa perhatiannya beliau terhadap usaha kami, bahkan bukan hanya di tempat ini, tapi juga didesa-desa lainnya. Hal ini, memotivasi kami untuk terus berusaha dengan keras untuk keberhasilan usaha yang kami jalankan ini,” ucap Zulfikar yang sangat ahli dalam berwira usaha dan usaha bercocok tanam.

Disebutkan, Usaha Peternakan Puyuh yang dimilikinya, memanfaatkan 10 pekerja yang direkrut dari gampong setempat, yang saat ini dikandangnya mampu menampung 15.000 ekor puyuh ukuran kecil, yang nantinya ketika puyuh-puyuh itu berproduksi akan menghasilkan setidaknya 3000 butir yang akan memenuhi permintaan pasar di Kabupaten Bireuen. Di Lokasi bukit Gampong Meunasah Gadong berdiri bangunan besar dan kokoh di tempat itu.

Dari usahanya itu, jika berproduksai bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan kebutuhan keluarganya, juga terbantu masyarakat di lingkungan sekitar, dalam mengedukasi dan menginspirasi masyarakat untuk memiliki usaha yang sama, yaitu peternakan puyuh. Usaha sampingan yang digarapnya itu, diakuinya, tidak berusaha di perternakan puyuh miliknya, tidak sampai mengganggu tugas utama sebagai Penyuluh di BPP Kota Juang Bireuen.

Apalagi peternakan puyuh itu, disebut sebagai taman edukasi atau pilot projeck dalam pengembangan ilmu bidang peternakan. “Saya ingin mengedukasi ke masyarakat, apalagi pimpinan saya pun sangat mendukungnya,” tutur fikar sapaan akrabnya.

Hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRK Bireuen, dari Fraksi Partai Demokrat, Zulfikar, SE atau Zulfikar Apayuh, menyatakan apresiasi dan sangat mendukung usaha yang dijalankan itu,yang disebutnya selama wabah Covid melanda dunia saat ini, juga menghantam perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat bawah. Sehingga dapat dipastikan jika hampir semua sektor ekonomi lumpuh total.

“Maka oleh karenanya, usaha ini, sangat layak kita dukung yang diharapkan menjadi solusi bagi pemuda serta kelompok masyarakat yang bergerak di sektor peternakan dalam meningkatkan taraf hidupnya,” tutur Zulfikar yang juga Ketua Fraksi Juang Bersama di DPRK setempat.

Sementara, Munawar, Kordinator FORBA ( Forum Bansigom Aceh ) wilayah Kabupaten Bireuen, mengatakan sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, sangat mendukung setiap kegiatan yang mampu memutar roda perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Bireuen. “Berharap dengan hadirnya, Peternakan Puyuh Gadong Meutuah yang di gagas oleh Zulfikar menjadi inovasi dan motivasi semangat berwira usaha dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” pungkasnya Munawar. (Maimun Mirdaz).