Tingkatkan Produksi dan distribusi, Dua Koperasi Ini Jalin Kerjasama

oleh -43 views

 GOOGLE NEWS

Banda Aceh (AD)- Koperasi Wirausaha Unggulan Bersama Indonesia (WUBI) binaan Bank Indonesia Perwakilan Aceh berhasil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian kerjasama dengan Koperasi Samudra Mandiri Leupung, yang beranggotakan 26 pelaku ikan asin.

Penandatanganan MoU dan kerjasama penggunaan mesin dan distribusi ini ditandatangi di Rumah Produksi WUBI yang berada di Geuce Inem Banda Aceh, Jum’at 17 Juni 2022.

Koperasi Mandiri Leupung adalah mitra utama yang akan memanfaatkan fasilitas 16 mesin produksi serta pengemasan di rumah produksi WUBI. Selain akses penggunaan mesin, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut juga akan mendapatkan konsultasi klinik kemasan, sharing mentoring dan distribusi produk.

Kepala Bidang Program dan Kerjasama Koperasi WUBI, Ratu Nur Annisa mengatakan, kesempatan penggunaan mesin bersama dan berbagai fasilitas yang diberikan oleh koperasi WUBI ini terbuka untuk semua UMKM di Aceh, baik itu organisasi, komunitas atau individu.

“Kami berharap, dengan adanya kolaborasi seperti ini, maka dapat mengurangi sumber daya yang selama ini tidak efektif di masing-masing UMKM,” kata Annisa.

Selain itu, Ia juga menuturkan, dengan ekosistem kolaborasi ini bisa menghasilkan produk lebih baik, murah dan berstandar tinggi. “Selain menyediakan mesin produksi dan distribusi bersama, teman-teman UMKM Aceh bisa memanfaatkan Koperasi WUBI sebagai Working Space atau kantor pemasaran dan sekaligus gudang penyimpanan bagi yang berasal dari Kabupaten/Kota diluar Banda Aceh,” pungkasnya.

Penandatanganan ini sendiri dilakukan di sela acara Kitchen Tour yang diadakan oleh WUBI, yang turut dihadiri 78 pelaku UMKM dari Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Sabang dan Lhokseumawe. Para pelaku UMKM ini juga diajak berkeliling melihat dan mencoba langsung seluruh mesin yang tersedia di rumah produksi WUBI tersebut.

Sebelum pelaksanaan tour para peserta mendapat brief mentoring singkat dari Tommy Harvie (Founder Harvies Coffee) tentang Tuntas Strategi Pemasaran, Kualitas Produk dan Target Pasar untuk UMKM Naik Kelas.

Salah satu peserta Kitchen Tour, Nuri Fitria Susanti yang juga menjabat sebagai sekretaris Koperasi Samudera Leupung menyampaikan bahwa kegiatan ini berbeda dengan acara-acara UMKM sejenis selama ini.

Menurutnya, konsep yang diberikan oleh teman-teman dari WUBI berbeda dengan pemangku kepentingan lain, mungkin karena sesama pelaku UMKM, teman-teman WUBI lebih memahami kebutuhan dan masalah yang selalu kita hadapi.

“Alhamdulillah, semua program yang tadi dipresentasikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita semua, sehingga kami langsung menawarkan kerjasama dan bersedia menjadi salah satu mitra yang akan menggunakan fasilitas yang disediakan,” tutur Nuri.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achria Sarwani menyebutkan bahwa ini adalah kesempatan baik bagi para pelaku UMKM yang sudah atau baru memulai bisnis yang membutuhkan Packaging yang lebih menarik wawasan bagi pebisnis baru yang belum mampu investasi mesin.

“Kami berharap, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan keberadaan fasilitas Koperasi WUBI ini dengan baik, karena bisnis itu tidak cukup hanya dengan bermodalkan motivasi, action dan tekad, tapi harus juga dibarengi dengan keilmuwan serta kolaborasi,” Achria Sarwani.

Acara Kitchen Tour ini juga diisi dengan sesi sosialisasi dan pendaftaran QRIS serta penyerahan doorprize bagi peserta dari Bank Syariah Indonesia Banda Aceh Diponegoro. (*)