Kunker ke Sabang, Kajati Aceh Minta Pembangun Infrastruktur Harus Bermanfaat

oleh -69 views

Sabang (ADC) – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati).Aceh DR Chairul Amir SH MH, pada kunjungan kerja ke Sabang, meminta kepada semua pihak terkait pembangunan infrastruktur harus bermamfaat dan dapat dinikmati langsung oleh takyat.

Maksud dan tujuan pembangunan itu sendari selain langsung menyentuh dengan pengembangan wisata Sabang juga harus dapat memberikan dampak pada peningkatan pertumbuhan perekonomian rakyat.

“Yang harus difikirkan, selain kualitas yang lebih penting makna dari pembangunan itu sendiri, maka dalam membangun infrastruktur harus dapat terkoneksi dengan semua bidang, mulai dari bidang perdagangan, UMKM, perhotelan, transportasi dan sebagainya,” ungkap Kajati Aceh Chairul Amir, pada kunjungan kerjanya ke Sabang Selasa kemarin.

Selain kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri Sabang, Kajati juga bersilahturahmi dengan Walikota Sabang beserta jajarannya, unsur Forkopimda dan Bdan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Pada tatap muka dan silaturrahmi yang berlangsung di Aula Mata Ie Resort Sabang,
Kajati menyebutkan pembangunan yang selama ini dilakukan dinilai kurang menyentuh langsung ke semua lapisan, sehingga manfaat pariwisata Sabang terkesan hanya berimbas kepada kalangan tertentu saja.

“Kita lihat banyak bangunan seperti tangul, tempat selfi, itu sebenarnya bukan subtansi yang menyentuh langsung. Itu hanya penunjang. Sebenarnya yang menyentuh langsung wisata itu, dengan terkoneksi semua bidang, sesuai potensi tang dikembangkan.

BACA..  Matulessy: Pasal RUU KUHP Perlu Dikaji Secara Mendalam

“Kita harus berfikir bagaimana tentang membangun infrastruktur yang langsung menyentuh dengan pengembangan wisata Sabang,” ujar Kajati.

Kajati menambahkan maksud membangun semua itu, dapat meningkatkan dan menumbuhkankan perekonomian masyarakat itu seperti sarana dan prasarananya agar orang dapat lebih mudah ke Sabang, apakah itu peningkatan pelayanan transportasi penghubung atau bisa juga airportnya dibuat lebih refresentatif, Run Way (Landasan) diperpanjang.

Sehingga nantinya dapat lebih banyak menarik para wisatawan dan pengembangan Sabang juga dapat terkoneksi langsung dengan sejumlah kota besar diseluruh Indonesia dan negara luar melalui jalur udara.

Pun begitu kemajuan Sabang saat ini sudah cukup baik, dimana dapat dilihat ada kapal cepat dan roro, juga angkutan umum sudah memadai, akan tetapi kalau tidak didukung dengan Infrastruktur yang baik maka orang akan bosan, penginapan dan tempat kuliner akan sepi.

Namun, semua itu yang terpenting harus didukung dengan publikasi, itu juga harus dibangun dengan baik.

“Kalau kita lihat sebenarnya banyak wisatawan yang tertarik dan mau ke Sabang, karena kultur dan karakter masyarakat Aceh yang khas berbeda dengan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Ditambah lagi didukung dengan kondisi keindahan alam yang dimiliki Sabang, menjadikan nilai jual tinggi yang mampu jadi daya tarik mengalahkan spot wisata lainnya di Indonesia.

“Hanya saja masih diperlukan ketekunan dari berbagai kalangan terutama masyarakat, dalam mendukung kemajuan pariwisata itu sendiri, sehingga tidak ketinggalan dengan daerah tujuan lainnya,”, ungkap Kajati.(Jalal)