Sayembara Tangkap Maling Berhadiah, di Gampong Ini

oleh -164 views
Spanduk Tangkap maling yang dipasang di beberapa sudut di Gampong Simpang Deli Kilang Nagan Raya.

NAGAN RAYA (AD) Spanduk Tangkap Maling berhadiah dipajangkan di beberapa lokasi yang strategis dan dapat dilihat dan dibaca oleh semua orang yang melintas di jalan Gampong Simpang Deli Kilang, Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya.

Keuchik dan Pemuda Gampong kompak membuat sayembara, dengan memasang spanduk bertuliskan “Tangkap Maling Berhadiah“.

Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan pun bernilai fantastik yaitu berupa uang tunai mulai dari Rp.750.000,. hingga Rp. 1.000.000. Hal ini dilakukan agar warga Gampong turut aktif menjaga keamanan dan ketertiban didalam Gampong.

Sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudah menghakimi orang lain disaat menangkap pelaku kejahatan di wilayah nya.

Ketua Pemuda Gampong Simpang Deli Kilang Heri Fitriadi membenarkan adanya sayembara tersebut. Hal ini dilakukan dikarenakan kasus pencurian marak terjadi di Gampong Simpang Deli Kilang ini.

BACA..  Banda Aceh Siap Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan

“Ini kita lakukan untuk menghindari agar warga tidak main hakim sendiri ketika menangkap pencuri, jika ada pencuri yang ditangkap diserahkan kepada Ketua Pemuda dan Keuchik Gampong untuk diproses sesuai hukum dan peraturan di Gampong hingga seterusnya kita serahkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan proses hukum jika kasus pencuriannya berskala besar sampai mengancam warga,“ ungkap Heri.

Ketika ditanyai mengenai hadiah yang akan diberikan kepada masyarakat jika berhasil menangkap pencuri di wilayah nya, Heri mengatakan jika pencurinya berhasil di tangkap di siang hari, maka akan di hadiah uang tunai Rp. 750.000,. dan untuk yang berhasil menangkap pencuri di malam hari akan  diberikan uang tunai Rp. 1.000.000.

“Hadiah yang kita berikan ini merupakan sebagai imbalan dari keberhasilan warga,” tutur Heri.

BACA..  Pemko Banda Aceh Serahkan LKPD Unaudited ke BPK

Namun tidak serta merta semua akan diberikan hadiah, “kita akan lakukan pengembangan terlebih dahulu kasus pencurian dimaksud, jika kasusnya bukan kasus yang besar artinya jika yang dicuri hanya sebatas benda yang harganya tidak terlalu mahal maka kita akan lalukan proses peradilan terlebih dahulu antara pencuri dengan korbannya jika sekiranya bisa dimaafkan atau bisa damai dengan syarat tertentu kedua belah pihak maka kita tidak akan limpahkan kasusnya ke pihak kepolisian kecuali kasusnya besar sampai mengancam warga,” jelasnya.

Sementara itu, keuchik Gampong Setempat, Saiful Efendi kepada media menyampaikan dirinya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan para pemuda gampong, baik itu dalam bidang olah raga, kegiatan sosial dan keagamaan bahkan kegiatan semacam ini pun asalkan tidak bertentangan dengan norma-norma agama, tidak bertentangan dengan hukum, adat istiadat.

BACA..  Pj Wali Kota Tekankan Kedisiplinan ASN Jelang Ramadan

“Maka saya tetap mendukungnya apalagi kegiatan yang sifatnya menciptakan suasana yang tertib, aman dan nyaman,” ungkapnya.

Spanduk ini juga dibuat atas ide dan pendapat para pemuda gampong karena sudah marak sekali kasus pencurian yang terjadi dan dapat meresahkan warga, imbuh keuchik.

“Mudah-mudahan dengan adanya spanduk sayembara ini suasana gampong akan stabil dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Adapun beberapa titik pemasangan spanduk yang bertuliskan “Tangkap Maling Berhadiah“ salah satunya berada di simpang lorong 57 tepatnya di Dusun Sriwulan, Gampong Simpang Deli Kilang, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Terlihat jelas pada spanduk tersebut Pemuda dan Keuchik Gampong mengajak warganya untuk menciptakan ketertiban, keamanan dan kenyamanan di dalam gampong dan turut serta berpartisipasi dalam mencegah terjadinya kejahatan dan kriminalitas.(Rul).