Disnav Kelas II Sabang Laksanakan Kegiatan Padat Karya

oleh -48 views

example banner

Laporan | Jalaluddin Zky

Sabang (AD) – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan laut, melaksanakan program padat karya. Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan ekonomi rakyat dimasa pandemi, yang masih terus menyerang umat manusia.

Kegiatan padat karya yang dilakuan berupa membersihkan lingkungan navigasi itu bertema “Peran Serta Kantor Distrik Navigasi Sabang Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Kegiatan Program Padat Karya” yang digelar Kamis (18/03/21) di komplek Stasiun Radio Pantai Sabang.

Kepala Kantor Navigasi Kelas II Sabang Capt Andi Aswadi kepada media ini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini sesuai arahan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dalam rangka memulihkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat dimasa pendami yang kini masih menyerang kehidupan masyarakat dunia.

“Program padat karya ini merupakan arahan dari Kementerian Perhubungan, bagi Distrik Navigasi dan UPT di seluruh Indonesia yang didukung oleh KSOP dalam rangka ikut memperhatikan ekonomi rakyat di masa pandemi ini”, kata Capt Andi Aswadi, didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan M Jamil, SH dan Ka KSOP Sabang Sutarmo,SH.

Dijelaskan, kehadiran Distrik Navigasi ini juga sekaligus menyatukan diri antara petugas Navigasi dengan masyarakat, dalam mempersatukan bangsa guna memperkuat kesatuan dan persatuan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dimana, Navigasi sebagai lembaga pemantau keselamatan negara dan pelayaran armda kapal dunia, berkedudukan di seluruh pelosok negara dan dilingkungan tentunya, tanpa ada dukungan masyarakat tidak akan navigasi dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Maka itu, hubungan navigasi dengan masyarakat tidak pernah lepas dan terikat rapi secara terus menerus, sehingga program padat karya ini menyambung tali ke-eratan yang terjalin baik selama ini untuk lebih memperkuat lagi.

BACA..  Babinsa Bantu Petani Tanam Padi di Sawah

“Hubungan distrik navigasi dengan masyarakat sesungguhnya sangat dekat mengingat lembaga ini berada di seluruh pelosok nusantara, sehingga program padat karya ini semakin menyambung persaudaraan antara navigasi dengan masyarakat”, jelasnya.

Ditambahkan bahwa program tersebut akan terus berlanjut karena program Kementerian Perhubungan ini terus dilaksanakan bahkan Distrik Navigasi Kelas II Sabang, segera menentukan lokasi kegiatan selanjutnya.

Untuk biaya yang dikeluarkan bagi kegiatan tersebut menerangkan, pihaknya sepakat ber panut pada upah minimum yang berlaku, sehingga masyarakat yang terlibat tetap.diuntungkan. Karena, programnya adalah untuk memulih dan membangkitkan ekonomi rakyat., jelas Andi, yang ikut juga didampingi Kepala Stasiun Radio Faisal.

Sementara itu, Keuchik (Lurah) Gampong Cot Ba’U, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang Adnan Hasyim mengapresiasi dan terima kasih kepada Distrik Navigasi Kelas II Sabang, yang telah membuka luang ekonomi bagi masyarakat Gampong Cot Ba ‘U.

BACA..  Semarak Ramadhan SMPN 3 Kejuruan Muda Santuni 34 Orang Anak Yatim

Ayah Nan nama sapaan Andan Hasyim berharap apa yang telah diperbuat oleh Distrik Navigasi kiranya, dapat dikuti lembaga-lembaga vertikal lainnya. Hal tersebut guna membantu masyarakat yang kini sedang sulit ekonomi akibat Covid-19.

“Ini luar biasa bayangkan kerja hanya membersihkan lingkungan kantor navigasi masyarakat dibayar rp.150 ribu dan menampung 25 orang masyarakat pekerja selama 5 hari. Jadi, kegiatan sangat lah membantu masyarakat, semoga lembaga vertikal dapat mengikuti apa yang dilakukan navigasi hari ini”, harap Ayah Nan.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain kepala KSOP Malahayati, KSOP Lhokseumawe, KSOP Langsa, tokoh masyarakat Gampong Cot Ba’U, pemuka agama setempat, Babinsa Gampong Cot Ba’U, Babinkamtibmas Polres Sabang dan masyarakat. (Rls).