Paru Yogi Pratama Digergoti Tuberculosis

oleh -224 views

Laporan | Syawaluddin

KUALASIMPANG (AD) – Wajahnya pucat pasi, tubuhnya keriput dan lunglai, matanya terlihat cekung dan nanar. Dia Yogi Pratama umurnya menginjak 20 tahun, anak pasangan dari Iskandar Muda 49 tahun dan Sumijah 47 tahun. Paru-parunya digerogoti penyakit Tuberculosis akut.

example banner

Yogi hanya mampu terbaring tanpa daya, diruang tamu yang hanya berukuran 2×3 meter persegi, rumahnya hanya memiliki satu kamar tidur berdinding tepas, langsung dibatasi oleh pintu kamar, dapur dan pintu luar.

Diruang tamu itulah, Hari-hari Yogi dihabiskan untuk menghitung sentuhan dan uluran tangan para dermawan. Beralas tikar, berbantal seadanya dan satu bantal guling yang sudah terlihat kumal.

Tuberculosis (TBC) sudah setahun menggerogoti paru-parunya, tak ada daya keluarga Yogi untuk mengobatinya. Hanya bisa pasrah, serta berharap memohon gugahan uluran tangan dari orang-orang yang berbaik hati bisa menolongnya.

Saat ini sosok terbaring kulai dengan kulit berbalut tulang, merupakan warga Dusun Binjai Kampung Teluk Halban Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang.

Yogi dan keluarganya tinggal gubuk tua, berdinding tepas dan beratap daun nipah. Gubuk itu dibuat dalam rumah panggung tepat disamping tanggul pengaman banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang di kampung mereka.

Diketahui pekerjaan Ayah Yogi, untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari- harinya adalah sebagai buruh harian lepas dikampung itu. Tak ada yang bisa andalkan, apalagi untuk pengobatannya, sepertinya, jauh panggang dari api.

“Untuk berobat Yogi selama ini, kami menggunakan fasilitas BPJS Kampung,” Ucap Iskandar saat menerima kedatangan Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, SH yang didampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh Kabupaten Aceh Tamiang, T. Helmi Ahmad dan Sekretaris DPW PA Aceh Tamiang, Adi Syahputra, Kamis 17 Desember 2020.

Iskandar bercerita, untuk mengobati anaknya tersebut dirinya sangat berharap sekali uluran tangan para dermawan yang tergugah hatinya untuk membantu.