banner 700250

‘BPS’ Gelar Sensus Malam Bagi Tunawisma di Terminal dan Pasar

oleh -169 views

KUALASIMPANG (AD) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Rabu Malam, 16 September 2020 lakukan pendataan terhadap keberadaan Tunawisma (gelandangan), dipusat Pasar dan Terminal.

Pendataan itu dilakukan pada malam hari (sensus malam) untuk mendata kependudukan tunawisma atau mencacah penduduk jalananjalanan di Kabupaten Ujung Timur Aceh.

Sensus malam dilaksanakan dengan cara melakukan penyisiran ke jalanan terminal, emperan toko dan pasar-pasar untuk mencari para tunawisma di daerah ini untuk menuntaskan sensus penduduk.

BACA..  Peserta Bimtek Ibu PKK Kunjungi Tempat Budidaya Selada

Sensus terhadap para tunawisma ini dipimpin langsung Kepala BPS Aceh Tamiang, Mukhtaruddin, SE dibantu para staf dan petugas sensus.

Penyisiran dilakukan di beberapa titik lokasi seperti pasar (pajak) pagi Kualasimpang kawasan terminal, emperan toko, tempat umum atau dibeberapa fasilitas umum lainnya dan beberapa titik yang dianggap sebagai tempat para tunawisma berkumpul bahkan istirahat.

BACA..  Lagi!! Dua Siswi Aceh Boyong Medali Perak Pada Kompetisi Internasional Macau

“Kegiatan ini bertujuan untuk melengkapi data kependudukan yang sebelumnya telah dilakukan secara online,” kata Mukhtaruddin kepada wartawan Kamis, 17 September 2020.

Dalam penyisiran tersebut pihak BPS Aceh Tamiang menemukan tiga tunawisma atau anak punk yang berasal dari Jambi, Pangkalan Brandan dan Banda Aceh.

Sebelumnya, pihak BPS Aceh Tamiang uga telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) dan para camat di Kabupaten Aceh Tamiang guna menanyakan keberadaan orang tanpa tempat tinggal atau tunawisma. (Syawaluddin).